29 tahun jadi wanita, mantan atlet voli perempuan Aprilia Manganang kini jadi pria

Fri Mar 12 2021 13:29:33 GMT+0700 (WIB), by WebTVAsia Indonesia
29 tahun jadi wanita, mantan atlet voli perempuan Aprilia Manganang kini jadi pria

Sososk anggota korps wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) bernama Serda Aprilia Manganang pernah menjadi sorotan warganet. Hal ini lantaran performanya yang baik sebagai Tim Nasional Bola Voli Putri saat berlaga di Asian Games 2018 lalu.

 

Secara fisik, memang Aprilia Manganang nampak bak seorang pria. Ia memiliki tubuh yang kekar dan berotot. Ia pun sempat dicurigai sebagai seorang pria. Hingga akhirnya pada 2020, peraih tiga MVP Proliga ini menyatakan pengunduran dirinya dari dunia voli.

 

Aprilia Manganang resmi menyatakan diri sebagai laki-laki setelah dibantu TNI AD mengumumkan identitas barunya. Sebelumnya, Aprilia lebih dikenal atlet voli putri yang kerap membela Timnas di kancah internasional dan klub di kompetisi Proliga.

 

"Ini momen yang sangat saya tunggu-tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini, dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya," tutur Aprilia Manganang lewat konferensi pers virtual, Selasa, 9 Maret 2021.

 

Aprilia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan para dokter RSPAD Gatot Subroto yang telah memberikan fasilitas pemeriksaan tersebut.

 

"Saya terima kasih ke dokter yang sudah bantu saya, saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya tahun ini tercapai," ucap Aprilia.

 

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ( PP PBVSI) belum mau berkomentar lebih jauh terkait perubahan status eks atletnya Aprilia Manganang. Sebab, mereka baru tahu dari media.

 

Terkait soal statusnya sebagai atlet putri sejatinya kerap menjadi perdebatan. Biasanya terjadi saat PBVSI akan mengirim atletnya ke multievent olahraga internasional seperti SEA Games.

 

Lama tak ada kabar, Aprilia kemudian memutuskan untuk pensiun dari dunia olahraga voli, dengan ditandai sejumlah perubahan penampilannya yang lebih mirip laki-laki ketimbang perempuan, seperti identitasnya selama ini. Sebelum akhirnya, TNI AD mengumumkan bahwa Aprilia sebenarnya adalah laki-laki sejak lahir namun dengan kelainan hipospedia.

 

Dikutip dari laman resmi pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS (CDC), seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/3/2021), hipospadia adalah cacat lahir pada anak laki-laki di mana pembukaan uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) tidak terletak di ujung penis.

 

Kini, Aprilia Manganang masih harus menjalani perawatan lebih lanjut di RSPAD Gatot Subroto. Saat ini ia tengah menjalani operasi corrective surgery.

 

"Seperti yang saya katakan tadi ini operasi ini corrective surgery, jadi tidak ada pergantian kelamin. Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria itu tidak ada," jelas Andika.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id