Viral Aplikasi MyHeritage buat foto seolah jadi “Hidup Kembali”

Wed Mar 10 2021 17:04:49 GMT+0700 (WIB), by WebTVAsia Indonesia
Viral Aplikasi MyHeritage buat foto seolah jadi “Hidup Kembali”

Foto menjadi suatu hal yang bisa membangkitkan kembali kenangan masa lalu. Apalagi bila foto itu bisa bergerak seolah terjadi seperti dulu, kenangan pun pastinya semakin terasa. Aplikasi tersebut sebenarnya punya konsep yang sederhana, dimana mereka bisa menghasilkan gerak pada foto orang-orang jadul yang diunggah pengguna.

 

Melansir dari Newsweek, MyHeritage menggunakan teknologi yang disebut Deep Nostalgia yang dirilis MyHeritage pada 25 Februari. Deep Nostalgia dibuat menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk membuat foto bisa tampak bergerak, tersenyum dan berkedip. Kebanyakan pengguna MyHeritage menggunakan aplikasi ini untuk menganimasikan almarhum kerabat mereka. Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit foto apapun asal memiliki bentuk wajah termasuk lukisan dan patung.

 

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (Al), pada fitur Deep Nostalgia milik aplikasi MyHeritage bisa membuat foto lawas menjadi tampak hidup. Dilansir dari berbagai sumber, Deepfake MyHeritage adalah sebuah aplikasi yang memakai teknologi deepfake untuk menghidupkan wajah dalam foto kerabat yang sudah meninggal. Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store ini bahkan diangkap menyeramkan dan bernuansa horor.

 

Namun adapula berbagai pendapat yang positif, salah satunya postingan yang diunggah oleh akun TikTok @single_happy84. "Masya Allah jd bisa liat senyum ayah lagi, setelah 15 th berpulang," tulis dia. Respons positif didapatkan dari para pengguna, karena mereka senang dapat melihat animasi dari orang terdekat mereka yang telah meninggal.

 

Cara menggunakan MyHeritage pun cukup mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, unduh terlebih dahulu MyHeritage di PlayStore Android.
  2. Selanjutnya Instal aplikasi tersebut di HP dan buat akun apabila belum memiliki akun.
  3. Setelah memiliki akun, pengguna cukup klik 'Photos'.
  4. Kemudian klik ikon '+' untuk menambahkan gambar. \
  5. Klik 'Add photos' untuk memilih gambar yang sudah ada di dalam handpone atau klik'Scan photos &docs' untuk mengambil gambar foto secara langsung.
  6. Selanjutnya klik ikon berikut:

 

 

 

Teknologi deepfake menjadi kontroversi baru di sejumlah negara di Eropa, salah satunya Inggris. Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan status ilegal dalam penggunaan aplikasi Deepfake MyHeritage yang dikhawatirkan memicu penipuan identitas.

 

Lagipula ada kemungkinan orang dapat membuat video deepfake tanpa izin baik bagi orang yang masih hidup atau sudah meninggal. Padahal tujuan awal para pengguna mempertimbangkan aplikasi Deepfake MyHeritage dari segi nostalgia terhadap kerabat atau leluhur yang sudah meninggal.

 

Pendiri dan CEO MyHeritage, Gilad Japhet, bahkan mengakui aplikasinya memang ajaib sekaligus kontroversial. Orang-orang memang menyukai fitur nostalgia yang ajaib pada aplikasi Deepflake MyHeritage.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id