Video Equipment, Ini Nih Yang Kalian Perlu Buat Bikin Konten Video!

Wed Oct 09 2019 12:30:09 GMT+0700 (WIB), by WebTVAsia Indonesia
Video Equipment, Ini Nih Yang Kalian Perlu Buat Bikin Konten Video!

Image: Google

 

Viral People, setelah kalian membaca dua artikel sebelumnya, 8 Tips Memulai Channel Youtube Kamu dan How To Be Unforgettable Content Creator, kalian masih penasaran dong, apa aja sih video equipment yang diperlukan untuk pembuatan video? Nah kali ini kita bakal ngebahas perangkat video yang harus kalian punya. Yuk kita langsung bahas aja.

 

1. Camera

 

Ini hal paling basic dong dari seorang videomaker. Nah kamera yang kalian pakai pun menyesuaikan dengan kebutuhan pembuatan konten video kalian. Jadi jangan asal beli kamera yang paling mahal ya Viral People, karena bisa aja kamera itu ngga sesuai dengan apa yang kalian butuhkan.

 

Misalnya nih buat vlogging kalian sebenernya cuma butuh cam-corder yang praktis karena bentuknya yang travel-friendly dan ringan. Terus ada yang namanya plug-and-play webcam kalau kebutuhan kalian membuat konten di mana kalian harus merekamnya dari depan laptop atau computer, seperti konten live-streaming atau konten gaming.

 

Nah buat kalian yang suka banget bikin konten firstperson POV extreme sport adventure atau konten lainnya yang membutuhkan firstperson POV, kalian harus punya Action Camera kayak GoPro. Sementara itu Mirrorless Camera paling cocok kalau kalian membuat vlog yang memungkinkan kalian harus banyak bergerak atau sedang berjalan. Lalu ada DSLR yang paling banyak digunakan oleh content-creator karena kualitasnya yang tinggi. Walau agak pricey dan kurang praktis, tapi kualitasnya ngga usah dipertanyakan lagi.

 

2. External Microphone

 

Walau kualitas video kalian bagus, tapi kualitas audionya jelek, video yang kalian buat ngga akan bisa dinikmati. Karena itulah kalian juga sangat membutuhkan microphone yang sesuai dengan kebutuhan konten kalian. Microphone jenisnya ada bermacam-macam lho Viral People. Ada USB Microphone, Condencer Microphone, Shotgun Microphone, dan Lapel Microphone. Kalian tinggal pilih microphone seperti apa yang paling nyaman menurut kalian sesuai dengan konten yang dibuat ya Viral People.

 

3. Tripod atau Gimbal Stabilizer

 

Biar pengambilan video berjalan mulus, kalian butuh Tripod atau Gimbal Stabilizer agar hasil video ngga keliatan goyang-goyang kayak lagi gempa bumi. Karena tangan manusia cenderung ngga stabil dan bisa tremor, kalian butuh alat pendukung seperti tripod dan gimbal stabilizer untuk membuat sesi pengampilan video jadi smooth dan stabil.

 

4. Lighting

 

Selain diperlukan untuk pengambilan video di tempat-tempat yang kekurangan cahaya, lighting juga berfungsi untuk menyeting mood atau suasana dari video yang kalian ambil. Jenisnya juga beragam nih Viral People, ada softbox, umbrella light, ring light, dan on-camera lighting. Masing-masing dari lighting ini mengeluarkan karateristik pencahayaan yang berbeda, jadi pastikan kalian menyesuaikan jenis lighting yang kalian pakai dengan mood yang ingin kalian bikin di video ya.

 

5. Video Editing Software

 

Yang terakhir tapi ngga boleh terlupakan, software buat edit video! Software yang paling populer untuk editing video adalah Adobe Premiere yang bisa kalian pelajari sendiri kalau kalian memang ngga punya video editor. Fungsinya mengedit video sendiri agar konten kalian menjadi semakin menarik dan menjadi lebih hidup dengan tambahan efek-efek video. Kalian bisa mengeksplor kreatifitas kalian lho ketika mengedit video sendiri.

 

Nah Viral People, itulah perlengkapan hardware dan software yang kalian butuhkan untuk menjadi seorang content creator. Tapi  kalau kalian belum bisa mempunyai semua itu, jangan berkecil hati ya Viral People. Banyak juga smartphone yang menawarkan kualitas kamera dan audio yang baik. Semangat terus ya hingga equipment kalian bisa lengkap dan mendukung pembuatan video kalian dengan lebih baik. Good luck!


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id