Pesawat Bisa Mundur Tanpa Pushback Car Gak Sih? Ini Kata Capt. Vincent Raditya.

Thu Sep 19 2019 13:30:40 GMT+0700 (WIB), by WebTVAsia Indonesia
Pesawat Bisa Mundur Tanpa Pushback Car Gak Sih? Ini Kata Capt. Vincent Raditya.

Image: instagram vincentraditya

 

Pada kepo gak sih Viral People sama cara kerja pesawat? Banyak banget nih netizen yang nanya soal pesawat ke channel Youtube Vincent Raditya, seorang Pilot Captain Batik Air. Nah di vlognya kali ini yang diupload kemarin 18/9, Capt. Vincent lagi ngebahas tentang mundurnya pesawat tanpa pushback car, pertanyaannya pesawat itu bisa mundur sendiri kayak mobil gak sih?

 

Jawabannya adalah… tergantung. Maksudnya ngga semua pesawat bisa dimundurkan seperti mobil, tapi kebanyakan merk dan jenis pesawat bisa lho mundur tanpa pushback car. Baik itu yang memiliki single engine atau multi-engines, pesawat memiliki fitur reverse thrust yang jika ada di posisi maximum reverse, pesawat akan terdorong ke belakang.

 

Tapi kenapa kok di bandara, pesawat selalu dimundurkan oleh pushback car sih kalau pesawat ternyata bisa mundur? Karena protokol keamanan di bandara tidak memperbolehkan pesawat dalam kondisi maximum reverse. Kalau dilanggar akibatnya bisa sangat fatal lho Viral People. Sedotan mesin pesawat akan sangat besar dan memperluas area danger zone yang bisa membuat manusia disekitarnya tersedot mesin pesawat! Hiii… ngeri banget kan.

 

Selain itu dikhawatirkan benda-benda kecil pun akan ikut masuk ke dalam mesin, dan hal ini ngga bagus untuk kondisi mesin pesawat. Dalam kasus terparah, mesin pesawat bisa meledak di tengah penerbangan. Pesawat juga ngga punya spion seperti mobil, jadi jelas akan sangat berbahaya kalau pilot memundurkan sendiri pesawatnya. Karena itulah pesawat selalu dimundurkan oleh pushback car yang kontrolnya berada penuh di pengemudi mobilnya.

 

Gimana Viral People? Seru juga ya ngepoin fun fact seputar pesawat. Buat kalian yang masih ingin tahu tentang dunia penerbangan, sering-sering main ke channel youtube Vincent Raditya deh.  Like dan subscribe juga ya.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id