Bingung Gimana Cara Jadi Youtuber? 8 Tips Memulai Channel Youtube Kamu.

Wed Sep 18 2019 13:47:37 GMT+0700 (WIB), by WebTVAsia Indonesia
Bingung Gimana Cara Jadi Youtuber? 8 Tips Memulai Channel Youtube Kamu.

Image: digiday.com

 

Menjadi youtuber rupanya sudah menjadi sebuah pekerjaan sekaligus hobby yang banyak dijalani oleh generasi muda saat ini ya Viral People. Diantara kalian siapa sih yang kira-kira ingin menjadi seorang youtuber? Sayangnya kalian bingung untuk memulainya pertama kali. Duh, daripada bingung gak jelas dan channel kalian ngga mulai-mulai, mending baca dulu artikel ini deh!

 

Berikut ini adalah tutorial yang perlu kalian lakukan sebelum jadi youtuber;

 

 

1. Tentukan apa arti kesuksesan untuk kalian

Viral People, tentu aja setiap orang mempunyai makna yang berbeda tentang kesuksesan. Perbedaan makna ini tergantung sama kebutuhan setiap individu. Ada orang yang mengartikan sukses itu hidup cukup dan bahagia atau hidup kaya-raya dan populer. Tapi ada juga lho orang-orang yang tolak-ukur suksesnya adalah mampu berkontribusi untuk masyarakat, misalnya mereka yang selalu ingin menebar positive vibes bagi setiap orang. Nah karena maknanya bisa sangat personal dan benar-benar random, kalian harus menentukan apa sih makna sukses kalian? Karena Youtuber yang sukses adalah mereka yang tahu betul arti sukses bagi diri mereka.

 

 

2. Make sure, kalau jadi youtuber merupakan hal yang benar-benar kalian inginkan.

Sewaktu kecil kalian pernah dong ditanya, ‘cita-cita kamu mau jadi apa kalau udah gede nanti?’ lalu kalian nyeletuk gitu aja, ‘pengen jadi dokter!’ karena teman-teman kalian pun di umuran segitu semuanya pengen jadi dokter. Eh taunya, ketika kalian beranjak dewasa kalian cuma pengen jadi musisi walaupun ngga terkenal-terkenal amat. Hal yang seperti itupun harus kalian pikirkan, jangan jadi youtuber  hanya karena ikut-ikutan orang. Kalian tahu ngga sih Viral People? Kalau seorang Youtuber harus banyak menghabiskan waktunya untuk membuat konten. Video yang berdurasi 5 menit saja, pada kenyataannya membutuhkan proses kreatif selama berjam-jam. Itupun belum tentu juga video pertama kalian langsung dapat perhatian dari netizen. Masih yakin mau jadi youtuber?

 

 

3. Pikirkan baik-baik konten dan goals dari channel kalian

Setelah kalian yakin bahwa menjadi youtuber adalah apa yang kalian inginkan, langkah selanjutnya adalah tentukan konten untuk channel kalian dan goals apa yang ingin kalian raih? Goal disini bisa bermacam-macam juga nih Viral People, misalkan selain untuk hiburan kalian juga mau kalau channel kalian bisa bermanfaat buat orang banyak. Tapi tentu aja goal dari setiap youtuber adalah dapat viewer, like, dan subscriber sebanyak-banyaknya. Untuk mencapai itu kalian harus mematangkan konten yang akan kalian angkat. Oh iya, sesuaikan juga konten dengan kemampuan dan kepribadian yang kalian punya ya. Originalitas bagi seorang youtuber bisa jadi sesuatu yang penting lho Viral People.

 

 

4. Tentukan segmentasi penonton

Kalian sudah tahu konten apa yang bakal kalian bikin di channel kalian? Gimana? Kira-kira konten kalian cocok untuk usia berapa tahun sih? Siapakah kira-kira penonton channel kalian? Misalkan nih, kalian membuat konten tentang tutorial make up. Kalau kalian ingin penonton kalian adalah para make up artist atau selebritis, video yang kalian buat haruslah berisi make-up tutorial dengan tingkat ahli seperti tutorial make up styles for Met Gala. Atau kalian bisa membuat video everyday make up bila segmentasi penonton kalian ditujukan buat cewek-cewek pada umumnya.

 

 

5. Gear Up! But, be creative.

Sebenarnya ngga peduli kamera yang kalian gunakan berharga murah atau keluaran terbaru yang canggih, yang penting adalah pencahayaan dan bagaimana kalian mengolah video yang dibuat. Walau diambil pakai kamera hp sekalipun kalau pencahayaan dan kreatifitas kalian menarik, video yang kalian buat akan tetap bagus kok. Sambil menabung untuk membeli peralatan yang lebih mumpuni, kalian masih bisa memulainya dengan alat yang ada.

 

 

6. Mulai rekam dan berlatih terus.

Setelah semuanya siap, kalian bisa memulai pembuatan video. Jangan menyerah di tengah jalan ya Viral People kalau rekaman kalian masih terasa kurang. Teruslah berlatih sampai kalian merasa video yang dibuat pantas untuk memasuki tahap editing dan siap untuk dipublish!

 

 

7. SEO itu penting lho!

Search Engine Optimization, atau SEO merupakan hal yang penting agar mesin pencari bisa dengan mudah menemukan channel atau video yang kalian buat. Walaupun penting tapi hal ini bisa menjadi  sesuatu yang tricky, misalkan kalau kalian terlalu mengikuti pedoman pembuatan Youtube SEO, yang ada video kalian akan diabaikan oleh mesin karena kalimat yang kalian gunakan tidak human-friendly. Terus gimana sih agar video atau channel kita mudah dicari tapi juga human-friendly? Pastikan judul video kalian menarik viewer dan gunakan hashtags dengan jumlah yang pas dalam artian tepat sasaran dan tidak terlalu banyak. Jangan lupa juga pemilihan tumbnails yang bikin orang-orang ingin klik video yang kalian unggah.

 

 

8. Konsisten!

Channel youtube udah jadi, beberapa video juga sudah diunggah, selanjutnya apa lagi nih? Kalian perlu banget mengawasi sebesar apa sih atensi orang-orang terhadap channel kalian. Dari situ kalian bisa terus belajar menjadi content creator yang lebih baik lagi, yang penting sih jangan hanya karena satu video kekurangan peminat lalu kalian berhenti membuat konten. Teruslah membuat konten dengan konsisten ya Viral People!

 

Jadi gimana nih Viral People, kalian udah siap untuk jadi seorang content creator yang sukses seperti Arief Muhammad atau Radiya Dika di Youtube? Ayo dong mulai aja dulu, good luck ya!

 


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id