Hebat! Jakarta Masuk 3 besar kota terbaik dunia terkait perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota

Thu Jun 27 2019 19:32:53 GMT+0700 (WIB), by Vidya Fitri Ferdiansyah
Hebat! Jakarta Masuk 3 besar kota terbaik dunia terkait perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota

arga-aditya-KH-1-Yqa-Z1l0-unsplash

Source: Arga Aditya

Ibu kota Indonesia, Jakarta mendapatkan penghargaan di ajang Sustainable Transport Awards 2020 yang merupakan ajang penghargaan transportasi perkotaan tingkat dunia yang diumumkan di kota Fortaleza, Brazil. Ajang ini melihat dari visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dll. 

Jakarta berhasil masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India), dan Kigali (Rwanda) setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar seluruh dunia. Dilansir dari laman Facebook gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Keberhasilan yang diraih Jakarta dilihat dari konsep dan eksekusi integrasi antar moda transportasi publik, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penunmpang TransJakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun. Tidak hanya itu, Jakarta juga dinilai berhasil mengintegrasikan sistem BRT dengan layanan angkot (microcus) dan kehadiran MRT pertama yang memberikan tambahan opsi moda transportasi umum untuk warga Jakarta.

 

Keberhasilan menjadi salah satu kota terbaik di dunia ini juga dibantu oleh penilaian TomTom Traffic Index 2018 bahwa Jakarta telah mengalami penurunan kemacetan terbesar dibandingkan dengan 400 kota lain. Pencapaian ini merupaka sebuah pengakuan dunia bahwa Jakarta sedang berusaha untuk menghadapi tantangan yang dihadapi ibu kota. Wah selamat yaa Jakarta!


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id