X-Men: Dark Phoenix Gagal Total, Salah Siapa?

Mon Jun 17 2019 12:17:56 GMT+0700 (WIB), by Faliha Ishma Amado
X-Men: Dark Phoenix Gagal Total, Salah Siapa?

Dunia perfilman dikejutkan dengan kegagalan salah satu film yang paling dinanti tahun ini, "X-Men: Dark Phoenix". Pasalnya, film waralaba milik Marvel tersebut belum pernah gagal sebelumnya. Meskipun "X-Men: Apocalypse" dianggap cukup mengecewakan, tetapi tidak sampai disebut gagal.

 

"X-Men: Dark Phoenix" menorehkan sejarah sebagai film X-Men dengan rating dan kerugian terbesar. Film yang dibintangi oleh Sophie Turner, James McAvoy, Michael Fassbender, dan Jennifer Lawrence itu hanya berhasil meraup keuntungan sebesar 140 juta dolar Amerika dari debutnya di box office global. Padahal, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan film mencapai angka 350 juta dolar Amerika. Oleh karena itu, disebutkan bahwa "Dark Phoenix" merugi sekitar 100 sampai 120 juta dolar Amerika atau setara dengan 1,4 sampai 1,7 triliun rupiah.

 

"X-Men: Dark Phoenix" juga hanya mendapatkan rating sebesar 23% di Rotten Tomatoes, menjadikannya film X-Men dengan rating terendah sepanjang masa.

 

Audiens mengeluhkan alur cerita yang dianggap tidak jelas, bahkan bagi penggemar X-Men sekalipun. Beberapa kritikus menganggap alasan lain yang membuat "X-Men: Dark Phoenix" gagal dikarenakan bergabungnya Fox dengan Disney yang pada saat itu masih dalam proses, sehingga Fox tidak terlalu mengurus pembuatan film tersebut dan Disney belum mengulurkan tangan.

 

Sementara itu, sutradara "X-Men: Dark Phoenix" mengungkapkan bahwa ia sepenuhnya bertanggung jawab atas kegagalan total yang dialami.

 

Dalam sebuah wawancara di stasiun radio publik KCRW, penulis dan sutradara Simon Kinberg mengatakan, "Ini jelas adalah film yang tidak terhubung dengan audiens yang tidak menonton film-film sebelumnya, tidak cukup terhubung dengan audiens yang mengikuti serialnya. Jadi kesalahan pada saya." Kegagalan box office Dark Phoenix semakin menyakitkan karena Kinberg benar-benar menyukainya. "Saya suka membuat film," terangnya, "dan saya mencintai orang-orang yang membuat film itu dengan saya."

 

Biasanya ketika sebuah film gagal, sutradaranya akan menjauhi media dulu untuk sementara waktu. Oleh karenanya, sikap Kinberg yang terus terang dan bersedia menanggung kesalahan mendapat respon yang baik.

 

Meskipun "X-Men: Dark Phoenix" jauh dari kata 'memuaskan', para ahli percaya serial X-Men mampu bangkit lagi, terutama karena sekarang Disney telah mengambil alih Fox dan MCU (Marvel Cinematic Universe).

 

Mereka juga percaya proyek film selanjutnya seperti "Deadpool 3" dan "Fantastic Four" juga akan mendapat ulasan yang bagus.

 

Kita lihat saja apa mereka bisa sebagus "Avengers" ya, Viral People!

 

 


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id