Liburan Kok 'Ansos'? Stop Phubbing!

Wed Jun 12 2019 14:14:18 GMT+0700 (WIB), by Faliha Ishma Amado
Liburan Kok 'Ansos'? Stop Phubbing!

Waktu libur lebaran seharusnya dimanfaatkan untuk berlibur serta bersilaturahmi dengan teman, pacar, atau keluarga. Banyak yang menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang, tapi kok malah sibuk melihat layar handphone masing-masing? Viral People, apa kalian tahu istilah 'phubbing'?

Phubbing adalah suatu tindakan seseorang yang sibuk sendiri dengan gadget di tangannya, sehingga ia tidak perhatian lagi kepada orang yang berada di depan matanya. Istilah ini pertama kali digunakan dalam kampanye "Stop Phubbing" di tahun 2012 yang dibuat oleh McCann Melbourne Company dan istilah ini semakin populer di seluruh dunia.

Fenomena ini mungkin terlihat seperti bagian dari kehidupan modern yang relatif tidak berbahaya (meskipun menjengkelkan), tetapi penelitian menemukan bahwa tindakan ini sangat mungkin merusak suatu hubungan. "Ironisnya, phubbing dimaksudkan untuk menghubungkan Anda, mungkin, dengan seseorang melalui media sosial atau SMS," terang Emma Seppälä, seorang psikolog di Universitas Stanford dan Yale yang juga merupakan penulis Happiness Track. "Tapi itu sebenarnya bisa sangat mengganggu hubunganmu saat ini, dalam kehidupan nyata."

Tindakan ini tentunya berbanding terbalik dengan momen libur Idul Fitri yang semestinya dihabiskan dengan orang-orang terdekat. Hariqo Wibawa Satria selaku pengamat media sosial mengatakan, phubbing sebaiknya dihindari oleh masyarakat, terutama saat libur lebaran yang merupakan waktu tepat untuk menjalin silaturahmi. 

Phubbing bisa dianggap sebagai tindakan yang melecehkan seseorang atau acara tertentu, meskipun si pelaku tidak bermaksud demikian. "Phubbing ini semakin parah, jika yang bersangkutan tidak diingatkan oleh lingkungannya," ujar Hariqo.

Nah, jadi gimana Viral People? Yakin masih mau terus phubbing?


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id