6 Jam Nonstop Main PUBG, Remaja di India Meninggal Dunia

Wed Jun 12 2019 14:56:17 GMT+0700 (WIB), by Faliha Ishma Amado
6 Jam Nonstop Main PUBG, Remaja di India Meninggal Dunia

Bermain game memang merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk menghilangkan stress dan penat. Namun, apa jadinya jika bermain game terlalu lama?

Furqan Qureshi, remaja laki-laki yang berasal dari Neemuch, Madhya Pradesh, India, ditemukan tewas setelah bermain game online Player Unknown's Battlegrounds atau yang lebih dikenal dengan PUBG selama enam jam nonstop. Disebutkan bahwa penyebab kematian remaja berusia 16 tahun tersebut ialah serangan jantung.

Dikutip dari situs New Indian Express, Senin, 3 Juni 2019, spesialis jantung yang menangani Qureshi mendesak pemerintah untuk memblokir permainan yang amat digemari itu. Ahli jantung, Ashok Jain mengatakan, permainan harus diblokir sebelum memakan lebih banyak korban remaja di India.

Hal ini dikarenakan setelah dilakukan pemeriksaan, Qureshi sama sekali tidak memiliki riwayat jantung. "Dia adalah anak laki-laki dengan jantung yang sehat. Dia seorang perenang dan tidak memiliki riwayat jantung. PUBG menyebabkan dirinya memiliki lonjakan kecemasan dan kemarahan. Hormon ini memicu serangan jantung," terang Jain. 

Ketika tiba di rumah sakit, Qureshi sudah tidak memiliki denyut nadi. Jain berusaha untuk mengembalikan denyut nadinya, namun gagal. Oleh karena itu, Jain meminta orang tua dan pemerintah untuk mengambil tindakan tegas terkait permainan battle royale tersebut. 

Menurut American Psychiatric Associaton, tanda dan gejala kecanduan game mirip dengan gangguan kompulsif seperti pada kecanduan akan hubungan seksual. Kecanduan game mulai mendapat perhatian dunia medis dan juga masyarakat umum karena kasusnya yang terus meningkat setiap tahunnya.

Melihat kasus di atas, bermain game boleh-boleh saja tetapi jangan sampai kecanduan ya Viral People! Gawat kan kalau harus kehilangan nyawa karena game.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id