Awas Jangan Pakai VPN Untuk Mengakali Buka Media Sosial

Fri May 24 2019 17:18:45 GMT+0700 (WIB), by Ardina Nakamura
Awas Jangan Pakai VPN Untuk Mengakali Buka Media Sosial
Baru - baru ini Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyarankan agar pengguna media sosial (medsos) tidak mengakses aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial melalui VPN (virtual private network). Himbauan ini diinformasikan oleh Menkominfo setelah banyaknya pengguna internet Indonesia yang mengakali akses media sosial dan WhatsApp menggunakan VPN, pasca dibatasinya akses terhadap medsos di Indonesia per Hari Rabu, 22 Mei 2019. Nah karena adanya pembatasan tersebut, para netizen banyak yang ngeluh gak bisa membuka WhatsApp lah, gak bisa kirim foto lah, gak bisa buka Instagram dan banyak keluhan lainnya. 
 
Screenshot-2019-05-24-at-2-58-03-PM
 
Screenshot-2019-05-24-at-2-56-30-PM

Padahal pemerintah Indonesia memang sengaja membatasi akses media sosial karena untuk mencegah tersebarnya berita - berita hoax. Tapi yah namanya juga netizen kan, yang bisa dibilang tanpa medsos hidupnya seperti mati gaya. Akhirnya para netizen pun akhirnya ramai-ramai menggunakan VPN (Virtual Private Network) gratis agar bisa kembali mengakses aplikasi WhatsApp dan media sosial secara normal.

Screenshot-2019-05-24-at-2-49-36-PM
 
Screenshot-2019-05-24-at-2-57-41-PM
 
Well, mungkin Viral People yang tech savvy pasti udah paham dong. Yass! Jadi kalo disini ada Viral People yang menggunakan VPN gratis, lebih baik sekarang langsung di uninstall deh. Gak usah banyak tanya “emangnya kenapa?” karena penggunaan VPN gratis itu dapat mencatat dan melacak semua konten, IP address, jenis situs yang kunjungi dan masih banyak potensi bahaya lainnya. 
 
Berikut lima bahaya dari penggunaan VPN gratis untuk memudahkan akses media sosial
 
 
 
 
Beware Malware!
 
Mobile-Malware-Android-Phone-480x240
 
Yaaasss! Penggunaan VPN gratis itu sangat amat berpotensi untuk membobol keamanan perangkat kalian dengan Malware. Dengan kata lain penggunaan VPN gratis ini dapat menjadi akses masuknya malware atau virus ke ponsel pengguna.
 
 
 
Mengurangi kecepatan internet
 
i-Stock-101881879-MEDIUM-57fcfdc03df78c690f807d79
(Chunumunu/iStock)
 
Penggunaan VPN juga malah memperlambat koneksi internet penggunanya loh. Bahkan bisa sampai berkurang 10 hingga 25 persen. Kenapa bisa jadi lambat? Karena untuk menyediakan koneksi yang aman harus melalui proses enkripsi terlebih dahulu.
 
 
 
 
Bisa melacak aktivitas online 
 
972a9410-636e-4260-9a10-db182103cf1b
(linkedin/Cybersecurity Awareness: Malware Explained)
 
 Pada prinsipnya kerja VPN itu sama kayak proxy server. Apapun yang lewat proxy server bisa diliat oleh pemilik proxy. Ditambah lagi pakenya layanan VPN yang gratis dan belum tentu bisa di percaya. Ini bahaya loh Viral People, jadi selama hp kamu masih terhubung menggunakan VPN, semua data - data yang lewat bisa diambil alias di curi. Seperti misalnya mencuri data username, password, data finansial (kartu kredit, mobile banking) dan data - data penting lainnya.
 
 
 
 
Ads Attack! 
shutterstock-427404361-400x250
 
Yah namanya juga pakai VPN gratis, jadi otomatis bakal dibanjiri dengan kemunculan iklan - iklan yang pasti mengganggu mata dan seringkali malah jadi bikin bingung dan kadang gak sengaja kepencet deh.
 
 
 
 
 
Penjualan Data
 
Malware-steals-your-information
 
Bahaya lain menggunakan VPN gratis adalah, data - data kalian bisa dijual secara ilegal loh Viral People! Kok bisa? Ya karena mereka juga butuh modal untuk cari keuntungan. Salah satu aplikasi yang diketahui menjual data para pengguna adalah Hotspot Shield, dimana mereka menjual data kepada pihak ketiga.
 
 
Nah jadi walaupun gratis, harus tetap waspada yah Viral People. Lebih baik jika ingin pakai VPN, gunakanlah yang berbayar dan memang terpercaya. 

Share Your Comments



Contact Us

Ola.id