Ariana Grande Dituntut Karena Memposting Foto Dirinya Sendiri di Instagram

Wed May 15 2019 05:19:03 GMT+0700 (WIB), by Ardina Nakamura
Ariana Grande Dituntut Karena Memposting Foto Dirinya Sendiri di Instagram
Seorang fotografer paparazzi bernama Robert Barbera mengajukan gugatan terhadap Ariana Grande karena pelantun lagu ‘Thank You, Next’ itu telah melanggar hukum hak cipta dengan memposting foto miliknya tanpa izin dan di unggah ke akun Instagramnya.
 
Dengan jumlah followers 154 juta, Ariana Grande berhasil mencetak likes 3.392.035 pada foto tersebut. Robert Barbera pun menuntut keuntungan yang diperoleh Grande dari foto-foto tersebut sebesar $25.000 untuk setiap fotonya. Takut tiba – tiba postingan tersebut hilang, fotografer paparazzi asal kota New York ini melakukan screenshot dan disimpan untuk diajukan sebagai bukti di pengadilan.
 
 
0514-Ariana-Grande-Instagram-1024x576
(Instagram/ariana grande)
 
 
• ATURAN KETAT UNTUK PARA FOTOGRAFER
Gugatan fotografer paparazzi ini pun menjadi menarik perhatian mengingat di awal tahun ini, Ariana Grande mengumumkan aturan ketat tentang kebijakan penggunaan foto – foto dalam Sweetener Tour.
 
Beberapa media yang tergabung dalam National Press Photographers Association (NPPA) memprotes kebijakan tersebut. NPPA mengklaim kontrak kebijakan yang harus mereka tanda tangani untuk meliput konser Ariana Grande tersebut mengharuskan setiap fotografer wajib menyerahkan semua hak atas foto - foto mereka kepada perusahaan turnya yaitu, GrandAriTour.Inc
 
Ariana-Grande-Sweetener-World-Tour-Pictures
Image Source: Getty / Kevin Mazur
 
 
Mereka pun hanya diperbolehkan mengambil foto dari area yang sudah ditentukan, pada 3 lagu pertama saja. Jika para fotografer ingin menggunakan foto - foto yang telah mereka ambil sendiri, mereka harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Ariana Grande dan masing – masing foto yang mereka dapatkan hanya bisa digunakan sebagai bagian dari berita, satu kali saja.
 
 
• BUKAN SELEBRITI YANG PERTAMA KALI DIGUGAT OLEH PAPARAZZI
Ariana Grande bukanlah selebritis yang pertama yang digugat karena memposting foto milik paparazzi.
 
Di awal tahun 2019, supermodel Gigi Hadid juga digugat oleh karena telah memposting foto milik sebuah agen foto independent bernama Xclusive. Kurang lebih sekitar 50 foto di akun Instagram pribadi Gigi Hadid dilaporkan telah melanggar hak cipta.  Kasus ini diajukan di pengadilan federal oleh bisnis agen foto independen Xclusive karena model yang juga mantan dari Zayn Malik tersebut sudah mengunggah foto tanpa izin fotografer.
 
Gigi Hadid menghapus foto tersebut yang kemudian diganti dengan unggahan pembelaan super Panjang dari dirinya yang dituduh telah melanggar privasi.
 
 
pembelaan-diri-gigi-hadid-20181020-173416
(Sumber: Instagram/@gigihadid)
 
pembelaan-diri-gigi-hadid-20181020-173523
(Sumber: Instagram/@gigihadid)
 

Share Your Comments



Contact Us

Ola.id