3 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea Selatan

Mon Apr 08 2019 15:14:40 GMT+0700 (WIB), by Fanya Aghniya
3 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea Selatan

(src: brillio.net)

Hi Viral People! Kreativitas para sineas Tanah Air tak hanya diwujudkan dengan menelurkan film baru dan segar, melainkan juga mengadaptasi karya yang sudah lebih dulu laris manis di pasaran. Seperti film-film berikut ini misalnya, ketiganya diadaptasi dari film Korea Selatan.

 

bebas

(src: Youtube)

  • Bebas

‘Bebas’ diadaptasi dari ‘Sunny’, salah satu film box office Korea Selatan yang tayang pada 2011. Film tersebut dibintangi oleh Kang Sora hingga Min Hyorin.

 

Mira Lesmana dan Riri Riza, bekerja sama dengan CJ Entertainment, tengah menggarap film ‘Bebas’. Sederet aktor yang berperan di film tersebut, yaitu Giorgino Abraham, Brandon Salim, Amanda Rawles, Baim Wong, Marsha Timothy, dan Sheryl Sheinafia.

 

“Film 'Sunny' adalah sebuah dramedy (drama comedy) yang bisa membuat kita tergelak, tapi juga terharu. Begitu melihat film ini, saya langsung ingin membuat versi Indonesianya," ungkap Mira Lesmana belum lama ini.

 

'Bebas' bercerita tentang persahabatan tujuh gadis SMA yang akhirnya harus berpisah selama 25 tahun. Ketika dewasa, salah satu dari mereka menderita sakit parah. Ia berharap agar bisa kembali bertemu dengan teman-temannya itu.

 

Berbeda dengan versi aslinya, 'Bebas' menampilkan persahabatan yang terjalin antara lima perempuan dan seorang laki-laki. Film ini juga menghadirkan dua latar waktu, yakni masa kini dan era '90-an ketika mereka masih duduk di bangku SMA.

 

Belum diketahui kapan pastinya 'Bebas' tayang di bioskop. Yang jelas, film itu akan dirilis pada tahun ini.

 

sunyi

(src: imdb)

  • Sunyi

MD Pictures mengadaptasi film Korea Selatan berjudul ‘Whispering Corridors' yang dirilis pada 1998. Di Indonesia, film tersebut diberi judul ‘Sunyi’.

 

Selaku produser, Manoj Punjabi memiliki alasan tersendiri mengapa mengadaptasi film asal Negeri Ginseng itu. Salah satunya lantaran masalah yang diangkat merupakan hal yang dekat dengan kehidupan banyak orang.

 

“Kalau saya lihat, bullying is a problem, worldwide problem. Seluruh dunia, sekolah mana pun, pasti ada problem bullying. Kami enggak mau menggurui, tapi lebih baik kalau ada values untuk yang orang menonton," ucap Manoj.

 

Film 'Sunyi' berkisah mengenai Alex (Angga Aldi), siswa SMA unggulan Abdi Bangsa yang kerap menjadi sasaran senioritas dan bullying. Ia memiliki seorang sahabat, Maggie (Amanda Rawles), yang mampu membuatnya tetap bertahan dalam keseharian penuh petaka.

 

Suatu ketika, ia dipaksa oleh Andre (Arya Vasco), Erika (Naomi Paulinda), dan Fahri (Teuku Rizki) untuk melakukan ritual pemanggilan arwah. Sejak itu, kejadian mengerikan menghantui para siswa di sekolahnya.

 

Film karya Awi Suryadi itu dibintangi oleh Amanda Rawles, Teuku Rizki, hingga Angga Yunanda. 'Sunyi' akan tayang di bioskop mulai 11 April 2019.

 

sweet-20

(src: brillio.net)

  • Sweet 20

Pada 2017, Starvision berkerja sama dengan Cj Entertainment mengadaptasi film Korea Selatan berjudul ‘Miss Granny’. Berjudul ‘Sweet 20’, film tersebut dibintangi oleh Tatjana Saphira.

 

Tatjana berperan sebagai seorang nenek berusia 70 tahun yang secara ajaib kembali ke raga mudanya. Menjelang syuting, ia mengaku melakukan berbagai cara untuk menghidupkan tokoh tersebut.

 

“Aku juga cari tahu gimana cara berkomunikasinya, seperti apa kalau sudah tua, lebih ke perilaku nenek-nenek itu gimana. Apalagi karakter ini ceritanya dia itu dulunya single parent, orang yang sudah biasa struggle," tutur Tatjana.

 

Film yang dirilis pada  25 Juni 2017 itu berkisah tentang Fatmawati (Niniek L Karim) yang berusia 70 tahun. Secara tiba-tiba, ia mendapati dirinya berubah menjadi gadis berusia 20 tahun (Tatjana Saphira) setelah berfoto di Forever Young Studio.​ Gadis itu adalah dirinya saat muda.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id