Biar Nggak Asal Pilih, Yuk Pahami Perbedaan DPR, DPRD, dan DPD

Thu Mar 21 2019 18:47:59 GMT+0700 (WIB), by Habibie Umara
Biar Nggak Asal Pilih, Yuk Pahami Perbedaan DPR, DPRD, dan DPD

(source: Merdeka.com)

 

Hi Viral People! Kita ketahui bahwa tanggal 17 April 2019, adalah hari di mana orang-orang yang sudah memiliki hak pilih memilih Presiden dan Wakil Presiden. Tapi, nggak cuma Presiden dan Wakil Presiden saja yang kita pilih, ada juga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pada 17 April 2019 nanti, kita akan menerima 5 jenis kertas suara yang memilih lembaga-lembaga tersebut.

 

Nah, apa kalian sudah tau perbedaan dari lembaga legislatif seperti DPR, DPRD, dan DPD? Karena masih banyak sekali orang-orang yang belum mengerti dengan tugas yang diberikan dari masing-masing lembaga legislatif tersebut. Padahal, memilih anggota legislatif yang baik dan bijak merupakan tanggung jawab kita sebagai warga negara yang sudah memiliki hak suara. Biar nggak asal pilih, yuk simak penjelasan dari WebTVAsia.

 

DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat bertugas sebagai wakil rakyat di pemerintahan pusat. Bisa dibilang juga DPR ini adalah perpanjangan tangan rakyat ke presiden. Tugasnya menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat, berkaitan dengan Undang-Undang (UU) atau kebijakan pemerintah. Terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh DPR, seperti fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

 

Fungsi legislasi DPR seperti menyusun dan membahas Rancangan Undang Undang (RUU) dan menetapkan UU. Fungsi anggaran seperti membahas, memberi usulan, menyetujui/menolak Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) yang diajukan presiden. Fungsi pengawasan seperti mengawasi badan eksekutif dalam menegakkan UU, APBN, dan kebijakan pemerintah yang telah disahkan dan berlaku.

 

DPRD memiliki tugas seperti DPR, bedanya DPRD berhubungan dengan pemimpin daerah masing-masing. DPRD Provinsi berhubungan kerja dengan gubernur, DPRD Kota berhubungan kerja dengan walikota, dan DPRD kabupaten berhubungan kerja dengan bupati. Fungsi yang dimiliki oleh DPRD juga sama dengan DPR, bedanya DPRD berwenang di tingkat daerah.

 

Mengurus segala hal yang terkait terhadap kebijakan daerah seperti Peraturan Daerah, dan juga dapat mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian gubernur/walikota/bupati atau wakilnya kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

 

Lembaga yang kurang dipahami oleh kebanyakan masyarakat adalah Dewan Perwakilan Daerah atau DPD. Padahal lembaga ini juga memiliki peran dan tugas yang nggak kalah krusial.

 

Jika DPR adalah wakil rakyat secara keseluruhan, DPD merupakan wakil dari berbagai daerah (provinsi) di pemerintahan pusat. DPD mewakili aspirasi dari daerahnya masing-masing, serta mengkoordinasi hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah. Jadi, DPD mengurus persoalan seperti otonomi daerah, hubungan daerah dengan pusat, sampai problematika daerah di wilayah perbatasan.

 

Setiap provinsi punya DPD masing-masing, contohnya DPD untuk DKI Jakarta, DPD untuk Provinsi Jawa Barat, dan lainnya. Kemudian semua utusan dari masing-masing provinsi tersebut berkumpul di pemerintah pusat dan membentuk lembaga DPD RI.

 

Sudah paham kan bedanya lembaga legislatif yang calon anggotanya bakal kita pilih nanti 17 April 2019. Sekarang, cari tau masing-masing kandidat ya, biar makin yakin buat nyoblos!


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id