Waktu Upload Berpengaruh Untuk Mendapatkan Like di Instagram, Fakta atau Mitos?

Tue Mar 12 2019 18:31:18 GMT+0700 (WIB), by Habibie Umara
Waktu Upload Berpengaruh Untuk Mendapatkan Like di Instagram, Fakta atau Mitos?

(source: unsplash)

 

Hi Viral People, pasti kalian semua punya Instagram kan? Instagram memang merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia saat ini. Banyak pengguna Instagram posting foto atau video yang menarik, mulai dari tempat yang indah, foto kenangan, bahkan selfie.

Tujuan dari para pengguna Instagram membagikan hal-hal tersebut salah satunya adalah demi mendapatkan like yang banyak, serta komentar yang ramai. Lalu pasti kalian bertanya-tanya kan, apakah untuk mendapatkan banyak like dan komentar yang ramai harus memperhatikan waktu upload-nya?

Dikutip dari Kumparan, Julian Gutman, Product Lead Instagram, menjelaskan bagaimana cara kerja feed Instagram dan apakah waktu menjadi faktor terpenting dalam mengoptimalkan suatu postingan.

Sebelum menjawab pertanyaan itu, perlu diketahui jika Instagram menggunakan algoritma yang disebut “feed ranking” untuk menentukan urutan posting yang muncul di feed atau lini masa pengguna.

Instagram akan menganalisis penggunaan historis pengguna untuk memprediksi jenis posting yang paling relevan dengan minat masing-masing penggunanya. Untuk melakukan itu, Instagram menggunakan machine learning.

"(Machine learning adalah) sebuah teknologi yang menggunakan data historis untuk membuat prediksi tentang masa depan," jelas Gutman, dilansir Mashable.

"Seperti, haruskah saya mempostingnya pada jam 5? Ini benar-benar semua tentang audiens Anda, ketika audiens Anda sedang online. Audiens dari masing-masing pengguna sangat berbeda," katanya.

"Waktu bukan faktor yang kami gunakan dalam urutan foto yang ditampilkan di lini masa," imbuh Gutman.

Ia menambahkan bahwa banyak orang berpikir, mereka harus memposting pada waktu tertentu yang kemudian mengakibatkan timeline akan dipenuhi dengan berbagai postingan.

"Lalu semua orang memposting pada waktu itu dan orang-orang bersaing satu sama lain pada waktu yang sama," jelasnya.

Nah, jadi kalau kalian posting pada jam 5 sore jumlah like dan komentar yang kalian dapatkan cukup banyak, mungkin saja itu hanya kebetulan semata. Tapi, tidak dapat dipungkiri juga jika kalian memposting pada waktu tersebut, pengguna Instagram sedang aktif melihat lini masa.

Jadi hal tersebut nggak bisa menjamin kalian akan mendapatkan like dan komentar yang banyak lho. Soalnya sampai saat ini nggak ada aturan yang tertulis waktu yang paling baik memposting foto atau video di Instagram.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id