Asal Mula Terciptanya Minuman Bubble Tea

Mon Mar 11 2019 17:11:49 GMT+0700 (WIB), by Habibie Umara
Asal Mula Terciptanya Minuman Bubble Tea

(source: pinterest.com)

 

Hi Viral People, pasti kalian pernah dong minum bubble tea? Tapi apa kamu tau sejarah tentang minuman kekinian ini?

 

Bukan Cuma di Indonesia, bubble tea menjadi minuman populer, tapi sudah menjadi fenomena dunia. Bahkan sampai disebut-sebut sebagai ‘Asian Starbucks’ karena popularitasnya meledak di Amerika Serikat dan Kanada.

 

Ada toko teh yang mengklaim sebagai penemunya, letaknya di Taiwan. Toko tersebut bernama Chun Shui Tang, milik Liu Han-Cieh. Berlokasi di kota Taichung, toko ini mulai menjual teh susu dingin dicampur pearl sejak tahun 1983.

 

Awalnya, toko Chun Shui Tang hanya ingin berbeda dengan toko teh lainnya, yang hanya menyeduh teh panas biasa. Kemudian mereka mengembangkan resep teh dingin, karena saat itu, di Taiwan masih jarang banget yang jual teh dingin pada saat itu.

 

Selain mencampur teh dingin dengan susu, ada seorang karyawan toko Chun Shui Tang yang menambah bola tapioca dari fen yuan ke teh tersebut. Fen yuan sendiri adalah dessert tradisional asal Taiwan yang terbuat dari tepung tapioca.

 

Karyawan yang menambahkan bola tapioca bernama Lin H-sui-sui. Berkat dia dan idenya, tercipta bubble tea yang kita kenal saat ini!

 

Minuman tersebut langsung populer di kalangan anak muda dan jadi minuman terlaris di toko Chun Shui Tang. Karyawan yang mencetuskan ide tersebut juga masih bekerja di toko Chun Shui Tang. Loyalitas yang patut diapresiasi!

 

Bola tapioca yang terdapat di minuman tersebut menjadi populer dan disebut ‘boba’ atau black pearl. Warna aslinya sebenarnya putih menyesuaikan tapioca, tetapi dimaniskan lagi dengan gula atau madu, makanya warnanya jadi gelap.

 

Tambahan tekstur kenyal dari tapioca ternyata bikin ketagihan. Bukan hanya orang-orang Asia aja yang suka, minuman ini juga meledak di negara-negara Barat.

 

Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang special, popularitas bubble tea juga didorong oleh kultur media sosial. Siapa yang nggak penasaran kalo ada orang membagikan foto minuman bubble tea?


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id