5 profesi yang akan hilang 20 tahun dari sekarang

Mon Mar 11 2019 19:25:40 GMT+0700 (WIB), by Fanya Aghniya
5 profesi yang akan hilang 20 tahun dari sekarang

(src: qsrmagazine.com)

 

Hi Viral People, tahukah kamu 10 pekerjaan berikut ini akan hilang 20 tahun lagi dari sekarang, dan akan tergantikan oleh teknologi.

 

Di era saat ini, inovasi teknologi baru selalu bermunculan setiap saat. Beberapa industri dapat berkembang dalam perkembangan yang selalu berubah dari masa ke masa, sementara beberapa yang lainnya pun menjadi mangsa otomatisasi.

 

Namun, otomatisasi tidak selalu sama dengan hilangnya semua lapangan pekerjaan. Namun, beberapa pekerjaan dibawah ini kemungkinan akan punah 20 tahun dari sekarang.

 

Dari kasir hingga wasit, berikut ini 5 pekerjaan yang kemungkinan akan punah 20 tahun lagi.

 

1. Kasir

Belakangan ini sudah mulai muncul mesin self checkout di tengah maksyarakat. Mesin ini dapat membantu pelanggan melakukan pembayaran secara mandiri tanpa bantuan pekerja kasir. Meskipun mesin tersebut versi saat ini masih jauh dari sempurna, penggunaan mesin self checkout yang akan berkembang ini di toko-toko nantinya tak dapat dipungkiri. Hmm, menarik ya?

 

2. Pekerja restoran cepat saji

Salah satu hal yang menjadi hal unggul dari restoran cepat saji adalah mereka konsisten dan dapat diandalkan, menu restoran cepat saji cenderung memiliki standarisasinya sendiri, sehingga hampir jarang sekali ada perbedaan rasa dari satu restoran di suatu lokasi dengan restoran yang sama di lokasi lain.

 

Menurut The Guardian, hal tersebut dapat berarti peran juru masak restoran cepat saji memiliki kemungkinan 81% untuk digantikan oleh asisten dapur otomatis.

 

Di Kalifornia contohnya, sebuah robot bertenaga AI bernama Flippy telah membolak-balikkan burger dan meletakkannya ke bun roti di CaliBurger sejak 2017.

 

3. Pekerja industri perhiasan

Industri perhiasan telah melemah dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Bloomberg, Dewan Perdagangan Perhiasan melaporkan bahwa penutupan toko perhiasan meningkat 53% pada tahun 2016.

 

Satu faktor yang menjadi penyebab, yaitu Milenial umumnya memprioritaskan menggunakan uangnya untuk experience dibandingkan dengan membeli benda material.

 

4. Pengantar koran

Dahulu masih banyak orang berprofesi sebagai pengantar koran, namun akhirnya kini era digital mulai membuat keberadaannya lama kelamaan memudar dari masyarakat.

 

Saat ini, orang lebih banyak bergantung kepada internet sebagai sumber informasi, hal itulah yang menjadi penyebab pengantar koran diprediksi akan punah 20 tahun dari sekarang.

 

5. Wasit

Kini peran wasit sebagai pengawas dalam permainan olahraga dapat digantikan oleh kamera yang dapat merekam semua pergerakan pemain untuk melihat secara jelas apa yang terjadi, lalu pemutaran video dari kamera tersebut secara singkat dapat lebih diandalkan untuk menjadi bukti kronologi yang akurat, sehingga peran wasit perlahan mulai tersingkir.

 

Hmm, menarik ya? Ternyata pekerjaan-pekerjaan tersebut sudah mulai tersingkir di era digital saat ini dan mulai tergantikan oleh teknologi. Bagaimana pendapatmu?


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id