Kolektif Seniman ruangrupa Diakui UNESCO – “Lebih Dekat” dengan ruangrupa

Wed Feb 20 2019 15:38:30 GMT+0700 (WIB), by Habibie Umara
Kolektif Seniman ruangrupa Diakui UNESCO – “Lebih Dekat” dengan ruangrupa

(source: unsplash.com

 

Viral People! Kalian tau nggak kalo ada kelompok seniman yang mendapatkan penghargaan dari UNESCO? Namanya ruangrupa! Kalian bisa baca informasi atau videonya di bawah ya, guys.

 

ruangrupa adalah inisiasi dari para seniman yang mendukung perkembangan seni rupa di Indonesia, berdiri pada tahun 2000. ruangrupa memberikan tempat untuk sarana bagi para kolektif seniman untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, tanpa memandang latar belakang pendidikannya, pekerjaan, ataupun umur. ruangrupa sendiri sangat terbuka untuk semua kalangan, tidak harus memiliki dasar ilmu seni asal memiliki keinginan untuk berkontribusi di dunia seni rupa Indonesia maka akan difaslitasi.

 

Dalam perkembangan seni rupa di Indonesia, ruangrupa memiliki dua peran yaitu sebagai seniman secara kolektif dan sebagai supporting system. Ruangrupa juga berkolaborasi dengan 88 organisasi untuk mengadakan seminar, workshop, dan pameran.

 

Yang terpenting bagi ruangrupa untuk kelancaran kegiatannya adalah berjejaring. Dari tahun 2000, awal berdirinya ruangrupa selalu mencoba berjejaring dengan organisasi, komunitas, atau institusi lainnya. Dengan cara mengajak mereka bekerja sama untuk membuat kegiatan seperti seminar, workshop, dan pameran.

 

Setelah 2 tahun berdiri, pada 2002, ruangrupa berkesampatan untuk mendatangi Gwangju Biennale, Korea Selatan. Pada saat itu, ruangrupa mendapat penghargaan dari UNESCO dengan titel kolektif seniman atau kelompok seniman yang berkontribusi terhadap seni media baru.

 

ruangrupa dapat bertahan selama 19 tahun karena mereka terus menerus membuat kegiatan dan selalu berkolaborasi dengan organisasi lainnya untuk membuat kegiatan seni yang juga membantu perkembangan seni rupa di Indonesia. Dan yang terpenting, ruangrupa selalu menyediakan sarana untuk orang-orang yang ingin mempelajari seni tradisional, bahkan seni modern seperti audio-visual.

 

Untuk kalian yang mau nonton video tentang ruangrupa, bisa klik tulisan di bawah ya!

Kolektif Seniman ruangrupa Diakui UNESCO – “Lebih Dekat” dengan ruangrupa

 


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id