Punya Masalah Jangan Dipendam, Coba Tenangkan Dulu dengan Lakukan Hal Ini

Tue Feb 19 2019 18:26:48 GMT+0700 (WIB), by Fanya Aghniya
Punya Masalah Jangan Dipendam, Coba Tenangkan Dulu dengan Lakukan Hal Ini

(src: unsplash.com)

 

Hi, Viral People. Dalam kehidupan tentunya kita terkadang menemui masalah, baik itu tentang pekerjaan, keluarga, pertemanan, ataupun asmara. Jika sedang menghadapi masalah, kita terkadang merasa pusing, beban ataupun stress. Tapi jangan khawatir, coba lakukan beberapa hal ini dulu ketika kamu mendapati masalah, kamu pasti bisa mengatasi keadaan ini kok!

 

  1. Istirahat sebentar, tenangkan pikiran

Jika kamu mendapati sebuah masalah, ada baiknya kamu tenangkan diri dan pikiranmu sejenak, sebelum melanjutkan aktifitasmu. Tenangkan pikiranmu dengan beristirahat, misalnya duduk atau rebahan sejenak. Kamu dapat pula beristirahat sambil memandang langit, taman atau pemandangan alam lainnya, hal tersebut dapat membantumu untuk merasa lebih tenang. Hal ini penting untuk dilakukan, lho, diam sejenak dari rutinitas, apalagi untuk menenangkan diri dari kepenatan yang ada. Yuk, istirahat sebentar supaya pikiran bisa jernih lagi.

 

  1. Introspeksi diri

Setelah merasa tenang, coba introspeksi diri, apakah kamu sudah melakukan hal yang tepat? Apakah tindakanmu sebelumnya sudah merefleksikan dirimu secara jujur? Coba refleksikan dirimu dengan bagaimana kamu mengatasi situasi selama ini, barangkali ada hal yang perlu kamu perbaiki dari dirimu. Tidak apa-apa, berbuat kesalahan itu wajar, maafkan dirimu, dan janji pada dirimu bahwa kamu akan berusaha lebih baik lagi. Jika kamu sudah merasa melakukan yang terbaik yang kamu bisa, kamu bisa coba mengevaluasi situasi masalah yang terjadi.

 

  1. Evaluasi situasi

Untuk dapat mengatasi masalah, adalah hal yang penting untuk menerima adanya masalah tersebut. Dengan kamu menerima adanya masalah tersebut, kamu akan menjadi lebih aware dan konstruktif dalam mencari solusi. Lalu setelahnya kamu coba pahami apa sebenarnya masalah yang terjadi, kamu bongkar hal-hal apa saja sebenarnya yang menjadi masalah, kalau perlu kamu tulis di kertas. Pahami masalahmu, sehingga setelahnya, kamu mungkin dapat lebih baik dalam mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

 

  1. Curhat kepada orang yang kamu percaya

Terkadang yang kita butuhkan adalah untuk didengar dan mengeluarkan isi hati. Kamu dapat mengeluarkan isi hatimu kepada orang yang kamu percaya, agar bebanmu tidak berat terpendam didalam kepalamu. Jika kamu tidak merasa nyaman untuk curhat kepada siapapun, kamu tentunya bisa curhat kepada Tuhan. Percaya, semua masalah pasti ada jalan keluar, dan kamu pasti akan temukan solusi!

 

Semangat! Kamu pasti bisa menghadapi masalah ini dengan baik!


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id