Cara Agar Tugas dan Kerjaan Cepat Selesai!

Wed Feb 13 2019 17:08:22 GMT+0700 (WIB), by Fanya Aghniya
Cara Agar Tugas dan Kerjaan Cepat Selesai!

(src: unsplash.com)

 

Hi Viral People! Apakah kamu suka menunda pekerjaan? Atau kamu suka pusing karena tugas dan kerjaan numpuk rasanya susah buat cepet selesai? Kalau iya, berarti artikel ini pas buat kamu! Berikut kiat-kiat bermanfaat agar tugas dan kerjaan cepat selesai!

 

  1. Mulai aja!

Walau rasanya susah, berat, dan lama. Jangan ragu, mulai aja dulu! Kamu bisa mulai dulu tanpa pikirin berapa lama atau susah kerjaan yang harus kamu kerjain, yang penting kamu mulai dulu! Kalau perlu, bilang pada dirimu kamu akan mulai kerjain selama 1 jam, nanti lama-lama akan dengan sendirinya bertambah menjadi 2, 3, 4 jam dan seterusnya. Jangan bebankan dirimu dengan memikirnya seberapa berat dan lama kerjaan yang harus kerjakan, tapi langsung mulai aja! Dicicil boleh kok!

 

  1. Action akan melawan rasa takut

Jika kamu merasa gelisah akan suatu kerjaan atau tugas, artinya kamu perlu langsung mulai saat itu! Dibandingkan dengan jika kamu menunggu besok atau minggu depan ketika rasanya sudah lebih baik, sangat amat lebih efektif untuk kamu langsung mulai saat ini! Lakukan sesuatu tentang kerjaan tersebut untuk membuat dirimu merasa lebih baik. Kamu akan merasa lebih baik menjalani hari jika kamu tidak gelisah yang disebabkan oleh kamu tidak lakukan apa-apa tentang kegelisahanmu tersebut. Jika kamu terbangun jam 2 pagi panik karena belum membalas sebuah e-mail, bangun dan balas e-mail tersebut saat itu juga agar kamu bisa kembali tidur dengan tenang!

 

  1. Buat list

Buat daftar kegiatan atau tugas yang perlu kamu kerjakan dan contreng bagian yang sudah kamu lakukan. Dengan melakukan ini akan membantu kamu menjadi lebih tenang karena kamu menuliskan semua hal yang harus dikerjakan di kertas dan tidak lagi abstrak di dalam kepalamu.

 

  1. Urus diri sendiri

Jika kamu tidak fit, akan sulit untuk menjaga produktifitasmu. Jadi jangan lupa makan dan minum air putih, olahraga, serta tidur selama 6, 7, atau 8, atau berapapun jam yang kamu butuhkan. Jadikan dirimu prioritas nomor 1!

 

  1. Jaga keteraturan

Jika kamu tipe orang yang memerlukan keteraturan untuk dapat bekerja dengan optimal, sudah pasti kamu menjaga keteraturan. Namun walaupun kamu tidak begitu butuh kerapihan untuk bekerja, hal tersebut tetap baik untuk dibiasakan, hidup kamu akan menjadi lebih tertata dan mudah untuk kamu menemukan hal yang dibutuhkan untuk bekerja jika kamu menjaga keteraturan.

 

  1. Jangan multi-tasking

Mungkin kamu pikir multi-tasking akan membuat kerjaan kamu cepat selesai. Tapi jangan salah, hanya sedikit sekali orang di dunia yang mampu benar-benar melakukan multi-tasking dengan baik. Selain dari sedikit orang tersebut, jika kamu melakukan multi-tasking itu hanya akan memperlambat kinerja kamu! Lakukan satu hal secara fokus dan baik dalam satu waktu daripada 3 hal sekaligus dalam satu waktu dengan kinerja buruk.

 

  1. Hindari gangguan

Jauhkan hp, tablet, gadget apapun yang akan mengganggu kamu bekerja. Jika kamu sedikit-sedikit mengecek hp hal itu akan sangat berpengaruh terhadap produktifitas. Kecuali kamu memang sedang menunggu WA tentang hasil biopsi ibumu, atau temanmu menelpon karena rumahmu kebakaran, sebaiknya kamu hidarkan mengecek HP. Karena hal-hal selain hal urgent seperti itu pasti bisa menunggu satu jam lagi untuk kamu urus setelah kamu selesai dengan kerjaanmu. Bahkan e-mail dari bosmu pun bisa menunggu 10 menit lagi untuk kamu balas setelah kamu selesaikan hal yang sedang kamu kerjakan.

 

  1. Kompetitif dengan diri sendiri

Jadi lebih baik dari dirimu yang kemarin, tunjukkan pada dirimu yang kemarin bahwa kamu yang sekarang bisa lakukan lebih baik darinya! Lebih rajin, lebih fokus, lebih teliti, lebih semangat!

 

  1. Peduli

Jika kamu benar-benar peduli dengan apa yang kamu lakukan, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya! Fokus pada alasan kenapa kamu harus lakukan hal yang harus kamu lakukan tersebut, lalu selalu ingat-ingat pada alasan tersebut!

 

Nah, itu dia tips agar tugas dan kerjaan bisa cepat diselesaikan dan tidak menumpuk. Selain tips tersebut, sebelumnya penting juga untuk kamu menyadari seberapa penting tugas atau kerjaan kamu tersebut untuk kamu kerjakan, dan kenapa kamu harus mengerjakannya, pokoknya kamu perlu memperbaiki pola pikirmu terhadap kerjaan tersebut agar kamu memiliki alasan dan niat yang benar. Tapi jangan pula sampai dijadikan beban, kamu harus tetap menikmati pekerjaan dan tugasmu! Semangat ya!


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id