Bye-Bye Jaringan 4G! Jaringan 5G Akan Hadir, Internetan Siap Ngebut di Indonesia?

Wed Dec 12 2018 18:28:58 GMT+0700 (WIB), by Wulansari K. Wardhani
Bye-Bye Jaringan 4G! Jaringan 5G Akan Hadir, Internetan Siap Ngebut di Indonesia?

cr: electronics.howstuffworks.com

 

WebTVAsia.id Viral people, standar hardware baru untuk jaringan 5G telah diputuskan, sejumlah operator di seluruh belahan duniapun dilaporkan mulai berlomba untuk menggunakannya. Termasuk Indonesia lho!

 

Saat ini jaringan 5G pertama kalinya melalui Verizon, perusahaan telekomuikasi sekaligus operator seluler asal Amerika Serikat (AS). Dan saat ini jaringan 5G telah tersedia di banyak kota di dunia. Termasuk negara Korea Selatan yang memang terkenal memiliki kecepatan internet tercepat di dunia. 

 

Meskipun masyarakat Indonesia belum puas dengan kinerja jaringan 4G, namun ternyata operator di Indonesia sudah mulai berlomba-lomba mengenalkan teknologi jaringan 5G. Seperti kita ketahui, dengan peningkatan jaringan 5G ini memang akan  memberikan kinerja yang jauh lebih baik dibanding jaringan 4G saat ini dalam segi kecepatan, latensi, dan kapasitas.

 

Digadang-gadang, Kecepatan jaringan 5G dapat mencapai 300 Mbps yang bergantung pada lokasi.

 

Namun sampai saat ini, Kominfo sendiri belum memutuskan mengenai kapan jaringan 5G di Indonesia dapat diterapkan di Indonesia. Tapi apabila dilihat dari perencanaan, pemerintah baru akan mengeluarkan regulasi terkait jaringan 5G pada pertengahan tahun 2020 atau awal tahun 2021.

 

Walaupun begitu, beberapa provider telekomunikasi Indonesia telah melakukan uji coba terkait penggunaan jaringan 5G. Salah satunya yaitu Uji teknologi 5G dilakukan Telkomsel dengan menampilkan mobil otonom atau mobil yang berjalan tanpa sopir pada perhelatan Asian Games 2018 lalu. 

 

Jaringan 5G ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik dan bisa mendongkrak potensi Indonesia untuk memunculkan lebih banyak perusahaan teknologi bernilai lebih dari USD 1 miliar. 

 

Viral people siap gak nih, internetan ngebut pake jaringan 5G? 


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id