Ternyata Kecanduan Smartphone Termasuk Gangguan Jiwa?

Tue Dec 04 2018 17:35:39 GMT+0700 (WIB), by Fahira Audia
Ternyata Kecanduan Smartphone Termasuk Gangguan Jiwa?

(source: freepik.com)

 

WebTVAsia.id – Viral People, sekarang kita hidup di zaman dimana teknologi sudah semakin canggih setiap harinya. Tetapi tahukah kalian kalau perkembangan teknologi ini sebenarnya bisa membawa dampak buruk untuk diri kita seperti gangguan jiwa? Banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa menggunakan smartphone secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan kita, mulai dari fisik maupun mental.

 

Berdasarkan penelitian dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, para remaja yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan smartphone atau teknologi lainnya bisa mengalami masalah pada perilaku mereka dan gejala ADHD atau Attention-Defisit Hyperactivity Disorder.

 

Saat kita menggunakan smartphone secara berlebihan, terkadang secara tidak sadar kita akan susah untuk mengendalikan emosi atau bahkan kita juga akan kesulitan untuk mengendalikan diri dan hal tersebutlah yang akan berdampak buruk pada kesehatan mental.

 

Jika kalian merasa gelisah atau tidak tenang saat tidak memegang smartphone sebentar saja, kalian mungkin sedang mengalami Nomophobia. Nomophobia merupakan singkatan dari no mobile phone phobia. Ciri-ciri dari orang yang sedang mengalami ini yaitu mereka akan merasa gelisah dan panik ketika baterai ponselnya akan habis dan selalu memeriksa ponselnya setiap waktu.

 

Menurut dr. Irman Firmansyah, SpKJ, Nomophobia bukan termasuk gangguan kejiwaan tetapi efeknya akan berkaitan pada gangguan kejiwaan jika menimbulkan masalah pada fisik, psikis, dan sosial.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id