Content Creator, Begini Tips Agar Video Kamu Menjadi Viral di YouTube

Sat Oct 13 2018 09:05:05 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Content Creator, Begini Tips Agar Video Kamu Menjadi Viral di YouTube

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.idCoba kamu perhatikan, trending video di YouTube. Rata-rata video yang trending menjadi viral di media sosial.

 

Tak hanya itu, video yang viral menjadikan peluang untuk diputar-ulang hingga beberapa waktu kedepan. Artinya pendapatan kamu dari pembagian iklan atau adsense akan bertambah banyak dimasa mendatang. 

 

Lalu, apa tips agar video karya kamu menjadi viral? Setidaknya ada tiga hal yang harus kamu perhatikan: 

 

1. Jangan remehkan thumbnail video

 

Gambar thumbnail video YouTube sama pentingnya seperti judul yang kamu buat untuk video. Thumbnail video memungkinkan pemirsa melihat cuplikan video kamu dengan cepat saat mereka menjelajahi YouTube. 

 

Bila kamu perhatikan, jarang video yang trending menggunakan thumbnail otomatis dari YouTube. Content creator akan mendesain thumbnail khusus dengan tambahan kata untuk memperkuat judul.  Kamu dapat membuat thumbnail dengan size 1280x720 atau rasio  16:9. 

 

Jangan lupa, thumbnail ini akan muncul di search engine Google dan link YouTube yang dibagikan di media sosial.

 

2. Tiga detik pertama video yang menentukan

 

Setelah selesai dengan thumbnail, pastikan video yang kamu buat berhasil memikat perhatian penonton YouTube di tiga detik pertama. 

 

Melalui sebuah survei, The New York Times menemukan bahwa lebih dari 19 persen pemirsa YouTube tidak melanjutkan kegiatan menonton setelah 10 detik. Dalam satu menit, pemirsa video berkurang 44 persen.

 

Namun, bila kamu berhasil menarik perhatian di tiga detik pertama maka video kamu akan mendapat waktu tayang yang lebih lama. 

 

3. Beri hal yang baru untuk subscriber kamu 
 

 

Generasi millennials yang menjadi penoton YouTube adalah generasi kompetitif. Mereka selalu ingin jadi orang yang pertama kali tahu, pertama kali bisa, atau pertama kali memiliki. 

 

Bila kamu membuat video tutorial yang memberikan informasi atau cara untuk melakukan satu hal baru, besar kemungkinannya untuk dibagi oleh subscribers kamu. 

 

Bretman Rock misalnya,salah satu content creator yang paling berpengaruh tahun ini. Ia memiliki lebih dari empat juta subscribers YouTube dan 10 juta followers di Instagram.

 

Bretman Rock adalah influencer paling berpengaruh di industri fashion dan kecantikan dengan gaya busana dan tutorial makeup terkini. 

 

 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id