Video Bubuk Kopi Luwak Mudah Terbakar Jadi Viral, Ternyata Ini Penyebabnya

Mon Oct 01 2018 05:01:11 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Video Bubuk Kopi Luwak Mudah Terbakar Jadi Viral, Ternyata Ini Penyebabnya

WebTVAsia.id - Video tentang bubuk kopi instan Luwak White Koffie yang menyala saat dibakar sedang menjadi viral di media sosial.

 

Di tayanganan video tersebut, tampak beberapa orang menuangkan serbuk kopi ke korek api yang sedang menyala

 

Yang bikin serem, begitu serbuk bubuk kopi menyentuh nyala korek api langsung membuat api semakin membesar. Terlihat bahaya kan Viral People? 

 

Ternyata nggak kok. Fenomena terbakarnya kopi itu namanya dust explosion. Dust explosion bisa terjadi jika cukup banyak partikel halus yang tersuspensi di udara yang kaya oksigen, maka partikel yang beterbangan itu akan gampang tersulut api dan bahkan bisa meledak.

 

Menurut penjelasan Steve dari Detonationfilms, bubuk cremer memang menimbulkan efek pijaran api. Terus, dia ngasih bocoran bubuk creamer berberapa kali digunakan di film action buat nimbulin efek api yang dramatis namun tidak membahayakan.

 

Nggak hanya creamer, di lokasi gudang gandum atau tempat penggilingan gandum atau beras yang menghasilkan debu halus hasil dari penggilingan, membuat tempat tersebut rentan akan kebakaran dan ledakan. 

 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga memberikan penjelasan yang kurang lebih sama. BPOM menyebut hal itu terjadi karena produk tersebut berbentuk serbuk.

 

Sesuatu dalam bentuk serbuk memiliki karakter ringan dan berpartikel halus, juga mengandung minyak dan kadar air yang rendah, sehingga membuatnya mudah terbakar dan menyala.

 

Begitu Viral People, jadi kamu nggak usah termakan hoax campuran mesiu di bubuk kopi ya.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id