Kamu Merasa Kecanduan Smartphone? Coba Atasi dengan Empat Tips Ini!

Fri Sep 28 2018 03:51:21 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Kamu Merasa Kecanduan Smartphone? Coba Atasi dengan Empat Tips Ini!

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.idViral People, berapa kali dalam sehari kamu mengecek smartphone? Sepuluh kali atau dua puluh kali? Dalam satu penelitian ternyata rata-rata orang minimal mengecek smartphone 34 kali sehari, lho.

 

Namun, menurut pelaku bisnis aplikasi Android angka ini terlalu kecil. Mereka menyebut, rata-rata orang mengecek smartphonenya minimal tuh 150 kali.

 

Salah satu tanda kamu kecanduan smartphone adalah nggak bisa lepas dari layar walau sedang bekerja. Kamu juga merasa gelisah kalau sinyal turun dan batre mulai kelihatan habis. Juga, ada rasa takut tidak bisa terhubung dengan teman-teman kamu melalui aplikasi atau media sosial.  

 

Salah satu alasan generasi millennials sering mengecek smartphone adalah aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram, misalnya. 

 

Parahnya lagi, angka kecanduan media sosial dan Internet umumnya terus meningkat. "Kecanduan media sosial naik 20 persen dan saat ini setengah dari pasien saya mengalami masalah itu," kata Nathan Driskell psikolog yang menangani kecanduan Intenet pada remaja. 

 

Lalu bagaimana sih tips agar nggak kecanduan media sosial dan Internet? Dari berbagai sumber, WebTVAsia.id merangkumnya berikut ini:

 

 1. Coba Uninstall Satu Aplikasi Saja

 

Terdengar berat yah, namun bisa dicoba kok. Mulai cek aplikasi apa yang jarang kamu gunakan. 

 

Lalu, mulailah susun daftar aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan. Nah, satu per satu coba hapus dari smartphone kamu dalam jangka waktu tertentu. 

 

2. Kamu Perlu Pengingat 
 

 

 Ada beberapa aplikasi yang bisa mengingatkan kamu berapa lama menggunakan smartphone. Misalnya, ‘Forest: Stay Focused’, ‘Quality Time-My Digital Diet‘ dan ‘AppBlock-Stay Focused’. 

 

Dengan tiga aplikasi tersebut, kamu bisa batasi penggunaan internet atau penggunaan aplikasi-aplikasi lain sehingga bisa lebih fokus pada pekerjaan atau kuliah kamu.

 

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

 

Duduk berdiam diri sambil menggeser jari di layar smartphone terlihat menyenangkan. Namun lebih menyenangkan bila kamu kembali ke hobi lama kamu. Main basket atau misalnya juga ngobrol bareng teman-teman sambil ngopi. 

 

4. Ubah Kecanduan Media Sosial Kamu Jadi Hal yang Bermanfaat

 

Gimana caranya? Jadikan internet sebagai sarana untuk belajar dan berinovasi. Kamu bisa mengikuti akun-akun Instagram yang memotivasi dan berisi wawasan baru yang sesuai dengan passion kamu. 

 

Internet juga bisa menjadi tempat untuk kamu berbisnis. Daripada menghabiskan waktu dengan melihat video YouTube, mengapa nggak mencoba menjadi YouTuber? Kamu bisa belajar mengedit video dan mencari trend apa yang sedang digemari generasi millennials saat ini. 

 

Jadi sudah nggak jaman lagi menjadikan internet sebagai penghibur belaka, coba manfaatkan untuk hal-hal yang lebih bernilai.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id