Simak, Begini Lima Tips Bikin Foto Makananmu Layak Dipajang Di Instagram

Mon Sep 17 2018 21:08:20 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Simak, Begini Lima Tips Bikin Foto Makananmu Layak Dipajang Di Instagram

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Bagi content creator, ngga ada yang lebih mengecewakan daripada rentetan kejadian ini: memesan makanan, makanan yang dipesan ternyata disajikan dengan indah, ambil beberapa foto untuk posting di Instagram, tapi sedihnya adalah ngga satupun hasil foto kita yang layak tampil di Instagram. Huft! 

 

Lalu, gimana sih caranya memotret makanan agar Instagramable? Ternyata ngga susah lho, Viral People. Menurut seorang content creator, James, yang mengelola Foodfeelsmedia dan akun Instagram @food_feels, hanya dibutuhkan langkah-langkah sederhana biar foto kamu jadi Instagramable.

 

Sebagai food blogger yang telah mengungjungi berbagai negara dan memfoto ribuan makanan,  patut disimak tips dari James berikut ini: 

 

1. Cahaya Matahari adalah Kunci 

 

Menurut James, ini merupakan tips  yang paling penting. "Pencahayaan alami adalah kunci untuk mendapatkan foto makanan yang keren. Kalau kamu dapat tempat duduk di sebelah jendela di sebuah restoran, itu akan membuat semuanya jauh lebih mudah," katanya. 

 

"Coba hindari cahaya langsung yang menerpa obyek foto, apakah itu sinar matahari atau pencahayaan restoran seperti lampu. Waktu yang ideal untuk foto makananmu adalah saat langit berawan. Perlu diingat, jangan pernah menggunakan lampu flash!," ujar James.

 

2. Ketahui Angle Terbaik Untuk Foto Kamu
 

 

"Ada beberapa angle yang dapat kamu gunakan untuk memotret makanan, jadi ketahuilah angle mana yang paling sesuai dengan objek yang kamu potret," James mengingatkan.

 

"Obyek foto seperti kopi, pizza, dan makanan mangkuk biasanya paling baik difoto langsung dari atas. Sementara makanan seperti burger dan sandwich paling baik dari samping objek, untuk menunjukkan isi secara detail," lanjutnya. 

 

3. Atur Penempatan Makananmu Dengan Hati-Hati
 

 

"Perhatikan interior dan suasana tempat kamu makan. Jangan hanya berfokus pada piring makanan yang akan kamu foto," ujarnya. 

 

"Lihat detail lantai berubin di samping meja yang akan kamu potret, pengaturan kursi dan meja yang unik, kertas dinding, atau jendela yang bagus. Pernak-pernik itu akan membuat hasil fotomu lebih unik. Atau, jika piring yang digunakan saja sudah catchy, ya fokus saja kesitu," lanjut James.

 

4. Jangan Terlalu Banyak Mengedit Foto
 

 

"Saya biasanya bermain-main dengan kontras dan ketajaman dengan sedikit filter, dan tidak banyak melakukan editing lain. Ingat, pencahayaan yang tepat akan mempengaruhi hasil foto kamu," ujar James.

 

5. Pilih Gaya dan Jenis Makanan yang Cocok untuk Kamu Foto
 

 

"Seiring waktu, kamu akan menemukan angle mana, pencahayaan seperti apa, dan bahkan jenis makanan apa yang tepat untuk kamu foto," kata James. 

 

James juga mengingatkan untuk tidak bergantung pada kecanggihan kamera saat memfoto makanan. "Mayoritas foto di Instagram @food_feels,  masih diambil dengan ponsel saya. Jadi, kamu ngga perlu bergantung hanya dengan kamera profesional," ujarnya memungkasi.

 

Gimana, Viral People? Sudah siap belum jadi food blogger? Selamat mencoba!



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id