Deskripsi di Video YouTube, Mengapa Penting Untuk Content Creator?

Fri Sep 14 2018 03:13:52 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Deskripsi di Video YouTube, Mengapa Penting Untuk Content Creator?

llustrasi. (Foto: Pxhere)

 

WebTVAsia.idViral People, sebagai content creator kamu fokus pada pembuatan content video dan terkadang melupakan deskripsi video.

 

Dari laman YouTube Creator Academy, dijelaskan bahwa YouTube adalah salah satu mesin penelusuran terbesar di dunia. Deskripsi yang dilengkapi dengan kata kunci dapat memudahkan pemirsa menemukan video kamu melalui penelusuran.

 

Bagja Hidayat, Managing Editor Majalah Tempo di acara 'Kekuatan Menulis Storytelling Menggunakan Bahasa Media Sosial' memberikan tips untuk  menulis deskripsi.

 

"Gunakan enam langkah untuk membuat artikel yang bercerita atau storytelling. Enam langkahnya adalah menentukan angle, fokus pada judul dan isi, narasikan, adegan, anekdot dan terakhir pilih bahasa yang sesuai," kata Bagja Hidayat.

 

Ia menambahkan, narasikan sudut pandang. "Bagaimana pandangan kamu terhadap sesuatu masalah" imbuhnya.

 

"Tulislah dengan ringkas dan jelas. Fokus pada angel yang menjawab masalah," ia melanjutnya. 

 

Bagja Hidayat menambahkan untuk mengenali pemirsa. "Samakan frekuensi dari makna antara penulis dan pembaca," lanjutnya. 

 

Juga jangan lupa gunakan hashtag terkait (#) pada deskripsi video untuk membantu pemirsa menemukan video kamu ketika menelusuri hashtag tertentu.

 

Saat mengupload video, masukkan hashtag (#hashtag #contoh) di judul atau deskripsi video. Hashtag di deskripsi video adalah tautan yang dapat diklik pengguna untuk membuka laman hasil penelusuran hashtag yang berisi lebih banyak video terkait subjek tersebut.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id