Akun YouTube Kamu Terkena Suspend? Begini Memulihkannya

Thu Sep 13 2018 23:16:44 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Akun YouTube Kamu Terkena Suspend? Begini Memulihkannya

Ilustrasi. (Foto: Pexels)

 

WebTVAsia.id - Tak ada yang lebih menakutkan bagi content creator YouTube, selain mendapat email dari Google yang berisi informasi suspend account. 

 

Menurut penjelasan di laman Support Google, suspend account artinya pengguna yang akunnya telah dihentikan dapat dilarang mengakses, memiliki, atau membuat channel YouTube lainnya. Saat akun dihentikan, pemilik akun menerima email yang menjelaskan alasan penghentian tersebut.

 

Ada tiga alasan diberikan sebagai jawaban mengapa akun YouTube kamu masuk kategori suspend. Pertama, pelanggaran berulang terhadap Pedoman Komunitas atau Persyaratan Layanan. Kedua, kasus tunggal berupa penyalahgunaan berat seperti perilaku predator atau spam. Dan ketiga adalah akun yang dibuat khusus untuk melanggar kebijakan seperti ujaran kebencian, pelecehan, peniruan identitas, dan lain sebagainya. 

 

Lalu, bagaimana bila kamu merasa baik-baik saja? Dan berpikiran bahwa status suspen itu tidak tepat? Nah, meskipun akun YouTube kamu telah disupend, ternyata Google masih menyediakan cara untuk memulihkannya.

 

Dikutip dari laman YouTube Help Forum, ada langkah banding yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun. Pertaman, dengan log in ke akun Youtube

 

Kemudian, saat kamu  log in ke dashboard Youtube, ternyata ada peringatan dari pihak YouTube yang menyatakan bahwa akun tidak dapat diakses maka langsung. Maka klik link yang menunjukkan kamu harus melakukan permohonan. Caranya dengan klik link contact us atau hubungi kami. 

 

Jika sudah melihat formnya, isi dengan lengkap. Jelaskan selengkapnya alasan kamu, mengapa suspend ini tak seharusnya dijalankan.  

 

Dalam beberapa hari, permohonan banding kamu akan ditinjau. Bila permohonan banding diterima, maka kamu akan mendapat email balasan. 

 

Didalam email tersebut, Google menyatakan akan mengembalikan akun yang tersuspend. Google juga menginstrusikan didalam suratnya untuk merecovery password jika terlupa. 

 

Ups, namun ada konsekuensinya. Meski Subscriber tetap dan jumlah view tetap, maka penghasilan kamu menjadi $0.00. 

 

Selain itu status channel bereputasi Buruk. Google akan mengembalikan setelah enam bulan berjalan. Kurang lebih masa pemantauan, lah. Jadi, selama kurang lebih enam bulan kedepan kalau kamu mengulangi kesalah awal maka akun kamu tidak akan bisa diakses kembali secara permanen.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id