Mengintip Keindahan Sungai Cheonggyecheon yang Dikagumi Presiden Joko Widodo

Wed Sep 12 2018 21:39:47 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Mengintip Keindahan Sungai Cheonggyecheon yang Dikagumi Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. (Foto: Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

 

WebTVAsia.id - Viral People, sungai Cheonggyecheon sedang menjadi viral dan trending topic perbincangan netizen Indonesia di jagat maya. 

 

Pasalnya, Presiden Joko Widodo memuji keindahan sungai Cheonggyecheon saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan. Ia menyempatkan bejalan menyusuri pinggir sungai bersama Wali Kota Seoul.

 

"Berjalan santai bersama Wali Kota Seoul Park Won-soon dan peserta Korea-Indonesia (KIND) Meet Up, menyusuri tepian Sungai Cheonggyecheon yang bersih di kota Seoul, Selasa pagi," tulisnya di laman akun Facebook @Jokowi.

 

"Sungai ini, sampai tahun 2003, juga seperti Ciliwung di Jakarta. Dalam waktu dua tahun pada masa kepemimpinan Wali Kota Seoul Lee Myung-bak, Sungai Cheonggyecheon jadi bersih seperti zaman dahulu kala," lanjutnya.

 

Ia berharap keindahan sungai Cheonggyecheon dapat digarap di sungai-sungai Jakarta yang saat ini masih kotor dan tercemar. "Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," tulisnya.

 

Posting dari Presiden Joko Widodo ini telah dibagikan oleh 1.399 netizen dan dikomentari lebih dari 1.692 akun Facebook.

 

Bila ditilik, bukan hal yang tak mungkin harapan Jokowi yang mengingkan sungai di Jakarta menjadi bersih dan menjadi atraksi wisatawan. 

 

Dilansir dari laman Grist.org, awalnya sungai Cheonggyecheon kotor dan tercemar. Mirip dengan kondisi sungai Cilwung di Jakarta, sungai ini menjadi tempat pembuangan limbah dan kotoran manusia. 

 

"Kemudian untuk menutupnya, dibangunlah jalan bebas hambatan di atasnya pada 1950-an," ujar Kee Yeon Hwang, salah satu inisiator proyek pembangunan sungai Cheonggyecheon, seperti dikutip dari Grist.org. 

 


Perubahan terjadi pada 2003 saat Wali kota Seoul, Lee Myung-bak, memiliki inisiatif untuk mengembalikan fungsi sungai sekaligus menambah ruang pubilk. Kini, sungai Cheonggyecheon menjadi salah tempat rekreasi dan tujuan wisata di kota Seoul. 

 

Apakah kita bisa menjadikan sungai Ciliwung seperti Cheonggyecheon? Bagaimana menurut pendapat kamu, Viral People?



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id