Content Creator, Begini Maksimalkan YouTube Giving Untuk Berbagai Dengan Masyarakat

Tue Sep 11 2018 00:37:56 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Content Creator, Begini Maksimalkan YouTube Giving Untuk Berbagai Dengan Masyarakat

Fitur YouTube Giving. (Foto: Googleblog)

 

WebTVAsia.id - Viral People, YouTube telah meluncurkan fitur penggalangan dana bernama YouTube Giving yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga nirlaba untuk mengumpulkan sumbangan dari subscriber mereka.

 

Platform YouTube Giving  juga menjadi cara baru bagi beberapa kelompok, termasuk content creator tentunya, untuk mengumpulkan dana bersama. Diperkirakan, bila masa uji coba ini sukses, akan diluncurkan versi beta dari fitur Penggalangan Dana Komunitas untuk content creator dan lembaga nonprofit yang memenuhi syarat. 

 

"Dengan fitur ini, content creator YouTube dengan mengikuti aturan US-registered 501(c)(3)tentang organisasi nonprofit yang terdaftar di AS dapat membuat dan menyematkan kampanye penggalangan dana tepat di samping video mereka dan streaming langsung," kata Erin Turner, Product Manager for YouTube Giving, seperti dilansir dari laman resmi Googleblog.

 

"Penggalang dana memungkinkan subscriber dan penonton untuk menyumbang ke campaing yang dibuat content creator langsung di YouTube melalui tombol “Donasi”, sehingga memudahkan para content creator untuk mengumpulkan dana mengikuti proposal yang dituliskan platform," lanjutnya. 

 

Erin Turner menambahkan lembaga non profit yang disertakan dalam uji coba ini hanya perlu mengurus content saja. Google dan YouTube yang menyiapkan proses pembayaran serta pencatatan penyumbang.  Untuk periode uji coba ini, bahkan YouTube akan menanggung 100 persen dari semua biaya transaksi sumbangan. 

 

"Versi beta fitur ini, juga akan menampilkan kesamaan dengan content creator lain atau merek langsung di dalam Fundraiser untuk membantu menginspirasi lebih banyak penggemar untuk terlibat," imbuhnya. Namun, fitur pencocokan kesamaan campaign dari content creator ini baru bisa dinikmat beberapa minggu mendatang.

 

"Inspirasi kami untuk membuat  YouTube Giving adalah kamu, yang terlah bersuara untuk menciptakan solusi dari solusi masalah-masalah penting di masyarakat. Apakah membantu dalam krisis atau memperjuangkan suatu tujuan. Selama beberapa bulan mendatang, kami akan mendengarkan masukan kamu tentang fitur beta ini dan terus memperluas akses ke lebih banyak pembuat konten," tulis Erin Turner.

 

"Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kamu akan menggunakan alat ini untuk menciptakan dampak yang lebih besar dengan channel YouTube yang sekarang ada!," kata Erin Turner memungkasi. 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id