Mukbang, Trend Video Makan yang Menguasai YouTube

Mon Sep 10 2018 05:56:36 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Mukbang, Trend Video Makan yang Menguasai YouTube

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Mukbang, trend video makan di YouTube masih sangat populer. Buat kamu, Viral People, yang masih asing dengan mukbang, sedikit penjelasannya begini. Kata ‘mukbang’ berasal dari bahasa Korea ‘meokbang’ atau (먹방).

 

Jadi, bila kamu lihat berbagai video  live mukbangs, maka kamu akan melihat di mana YouTuber memfilmkan diri mereka makan-makanan dalam jumlah besar dalam satu waktu. Asiknya,  sambil dibayar.

 

Menyaksikan seseorang mengeluarkan suara menggigit, mengunyah, mencecap dan berguman tentang apa yang mereka makan mungkin tampak seperti hobi yang mengganggu.  

 

Salah satu YouTuber mukbang yang tekenal dengan acara mukbang adalah Man So Jung alias  BJ Benzz atau Banzz. Ia memulai membuat content video sejak Juli 2013.Hingga artikel ini ditulis, ia memiliki lebih dari 2,6 juta subscriber dengan 1.821 video makan.

 

Dikutip dari LAN Life, Banz menyebut pendapatanya per tahun mencapai US$ 1 Juta atau sekitar Rp 1.4418.000.000. 

 

Ternyata ada alasan ilmiah mengapa orang adiktif atau kecanduan dengan video mukbangs. Dilansir dari laman Studybreaks, suara-suara aneh dari YouTuber mukbang disebut merangsang kepuasan adaptasi evolusioner dari 'kelaparan visual'.

 

"Perkembangan otak dan sistem visual terkait erat dengan asupan makanan. Perubahan fisiologis dan neurofisiologis yang dramatis terlihat sebagai respons terhadap gambar makanan," kata CharlesSpence, Kepala peneliti psikolog eksperimental Universitas Oxford melalui jurnal 'Eating with our eyes: From visual hunger to digital satiation'.

 

"Namun, ada bahaya yang kami temukan. Bahwa gambar dan video makanan yang disajikan dengan indah memiliki konsekuensi yang merugikan. Gagasan tentang kelaparan visual, keinginan untuk melihat gambar-gambar indah makanan, membuat perubahan konsekuen dalam organisme," lanjutnya.

 

Alih-alih membuat masalah makan dan citra tubuh menjadi stigma, pro-kontra mukbangs tergantung persepsi dan penafsiran penonton videonya. 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id