Content Creator, Begini Pentingnya Mengetahui YouTube Analytics di Channel Kamu

Mon Sep 10 2018 04:35:05 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Content Creator, Begini Pentingnya Mengetahui YouTube Analytics di Channel Kamu

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Sebagai YouTube content creator,  setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan tentang YouTube analyitics yang mungkin saja mengungkapkan sesuatu yang bisa kamu perdalam.

 

YouTube Analytics mampu mengukur metrik subscriber dan video-video yang telah kamu buat. Untuk melihat data-datanya pun cukup mudah. Klik profil YouTube kamu, kemudian, klik YouTube Studio (beta). Di panel sebelah kiri, kamu akan menemukan laporan analisis, dibawah bagian video.

 

"YouTube Analytics ini perlu banget untuk digunakan oleh para pemilik channel YouTube. Nantinya, data-data di YouTube Analytics dapat kita gunakan untuk pengembangan channel kita," ungkap Jefferly Helianthusonfri, ahli media sosial, melalui bukunya Tools for Social Media Marketing .

 

"Dengan mengetahui data demografi penonton channel, kita bisa menentukan strategi konten yang cocok untuk menarik minat para penonton. Kita bisa buat konten yang sesuai demografi ataupun latar belakan para penonton," lanjutnya. 

 

Ia menambahkan, jika memonetisasi channel YouTube, kamu juga bisa menggunakan  YouTube Analytics untuk memantau laporan pendapatan iklanmu dari waktu ke waktu. 

 

"Di YouTube Analytics juga terdapat fasilitas untuk mengakses data resistensi penonton. Dengan data-data tersebut, kita bisa mengetahui perilaku-perilaku para penonton di tiap video kita," lanjutnya. 

 

"Kita bisa tahu seberapa lama lama para penonton bertahan menyaksikan video kita. Tentunya data-data semacam ini dapat kita gunakan untuk mengevaluasi video di channel kita," tambah Jefferly.

 

Melalui panel waktu tayang di YouTube Analytics, sebagai content creator kamu dapat melihat jumlah total menit yang dihabiskan pemirsa untuk menonton video.

 

Waktu tayang adalah metrik utama, karena YouTube meningkatkan video dan saluran dengan waktu tonton yang lebih tinggi di hasil penelusuran dan bagian rekomendasi mereka. YouTube melakukan ini karena semakin banyak waktu tonton video, semakin menarik algoritma mereka.

 

Dalam laporan waktu menonton, kamu dapat melihat jumlah waktu tonton yang telah dikumpulkan oleh semua video Anda. Kamu juga dapat memberi peringkat untuk setiap video berdasarkan waktu tonton dan mengelompokkan video berdasarkan tema, gaya, dan durasi untuk menentukan jenis video yang paling menarik.

 

Kamu dapat menggunakan laporan aktivitas Terbaru untuk melihat estimasi data penayangan untuk channel dan video teratas.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id