Tak Perlu Mahal, Ini Kamera yang Tepat untuk Travelgram

Sun Sep 09 2018 04:43:29 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Tak Perlu Mahal, Ini Kamera yang Tepat untuk Travelgram

WebTVAsia.id - Untuk content creator dan travelgram, kamera menjadi salah senjata utama untuk menghasilkan video dan foto keren.

 

Ternyata, untuk menghasilkan berbagai foto dan video travel yang keren tak perlu kamera DSLR yang berat dan mahal harganya.

 

Travellergram Fauzi Imam misalnya, menggunakan kamera dan handphone yang umum dijumpai untuk merekam berbagai video dan foto yang diposting di media sosialnya. 

 

"Aku awalnya pake GoPro HERO5 , terus cobain pake iPhone 7+  bagus juga. Sempat beberapa kali pake Canon," kata Fauzi Imam kepada WebTVAsia.id.

 

Raden Yudasmoro Minasiani, melalui buku 'Travel Writer' yang diterbitkan Metagraph, menyampaikan bahwa tujuan foto travel adalah bagian dari perjalanan dan harus mampu bercerita.

 

"Foto travel konsep dasarnya adalah sebuah dokumentasi perjalanan informatif. Ketika kamu bicara soal publikasi di media, dokumentasi ini haruslah 'menjual' dalam arti layak dipublikasikan di media. Istilah khasnya, tidak malu-maluin media," ujar pria yang akrab disapa  Yudasmoro ini.

 

"Fotografi travel justru harus bisa beradaptasi dengan jenis kamera apa pun terutama pocket. Saya sendiri lebih senang menggunakan kamera pocket saat bepergian. Selain simple, kamera sederhana itu juga tak merepotkan saya dengan tas besar dan menantang saya untuk berpikir kreatif dalam mengambil angel foto," lanjutnya.

 

Ia menambahkan, beberapa fotografer terkenal Indonesia juga sangat menyarankan agar memakai kamera yang simple mungkin untuk fotografer travel.

 

"Seringkali kita terjebak dalam paradigma standar soal foto. Kalau ada gunung yang difoto adalah pengunungan, kalau di pantai yang difoto adalah pasir pantai dengan laut dan langit biru. Demikian juga kalau memotret secara street festival yang difoto selalu model-model cantik berpakaian glamor yang berlenggak-lenggok di jalanan. Tidak salah, sih. Akan tetapi, cobalah sedikit kreatif," kata Yudasmoro menambahkan.

 

"Cobalah berpikir sedikit out of the box. Misalnya, ketika menghadapi cuaca buruk, coba untuk mengalihkan objek ke hal lain yang tak kalah menarik," ujarnya memungkasi. 

 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id