Nenek Ini Dapat Ijazah Lulus SMA pada Usia 84

Sat Sep 01 2018 03:26:18 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Nenek Ini Dapat Ijazah Lulus SMA pada Usia 84

Kaysorn Sukserm. (Foto: Facebook/Wuttichai Suphap)

 

WebTVAsia.id - Menuntut ilmu tak lekang waktu. Ungkapan itu dipahami benar Kaysorn Sukserm, nenek berusia 84 tahun dari Thailand. Di usianya yang sekarang, ia mewujudkan mimpinya menyelesaikan pendidikan tinggi.

 

Ia tengah berbahagia, pasalnya akhir minggu ini lulus ujian Prathom 6 di Kum Keun Kaew Chanoopathum School, provinsi Yasothon, Thailand. Bila disetarakan dengan pendidikan di Indonesia, merupakan ujian akhir untuk Sekolah Menengah Atas.

 

"Pada zaman saya, tingkat pendidikan wajib tertinggi adalah kelas empat, jadi saya tidak memiliki kesempatan untuk belajar," kata nenek Kaysorn seperti dilansir dari laman Coconuts.

 

Ia pun bertekad mandiri menyelesaikan ujiannya. Termasuk mengayuh sepeda beroda tiga, mengenakan seragam sekolah lengkap, menuju tempat ujian ditengah hujan gerimis.

 

Ditanya mengapa dia tidak meminta anak-anak atau cucu-cucunya untuk mengantarnya ke ujian, mengatakan bahwa mereka semua memiliki pekerjaan, dan dia tidak ingin mengganggu mereka.

 

Kisah Kaysorn Sukserm menjadi viral di media sosial setelah Wuttichai Suphap, seorang guru di sekolah yang melihat Kaysorn, memutuskan untuk merekam sang nenek mengendarai sepeda dari rumahnya setelah ujian.

 

Suphap pun mengunggah video ini di Facebook disertai tulisan panjang yang memuji sang nenek, yang tidak membiarkan usia menghalangi jalannya.

 

“Saya sangat terkesan dan terkejut melihat bahwa nenek masih bekerja untuk memperbaiki dirinya sendiri, melanggar semua gagasan tradisional tentang pendidikan. Dia tidak malu sama sekali untuk bergabung dengan kelas dengan siswa semuda anak-anak dan cucu-cucunya,” tulis Wuttichai Suphap. 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id