Miliuner Ini Isi Waktu Luang dengan Pungut Sampah di Jalanan, Alasannya?

Fri Aug 24 2018 13:24:56 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Miliuner Ini Isi Waktu Luang dengan Pungut Sampah di Jalanan, Alasannya?

Zhong Congrong. (Foto: mothership)

 

WebTVAsia.id - Viral People, menurut kamu bagaimana seorang miliuner menghabiskan waktu luangnya? Dengan bermain golf atau berwisata dengan kapal pesiar? Tidak demikian dengan Zhong Congrong. 

 

Miliuner yang punya real estate, toko mobil dan beberapa pabrik di kota Chongqing, China ini tiga tahun terakhir menghabiskan waktu dengan memunguti sampah di jalanan. 

 

"Entah kita membuang atau memungut sampah tidak terkait dengan gelar akademis, latar belakang budaya, usia, atau status sosio-ekonomi," kata Zhong Corngong seperti dilansir dari laman Sixth Tone.

 

Ia menambahkan, China butuh regulasi lebih ketat untuk mengurangi pembuang sampah. Mengandalkan disiplin diri saja tidak cukup, ujarnya.

 

"Orang-orang China takut 'kehilangan muka'. Mereka tidak terlalu peduli dengan berapa banyak mereka didenda dan lebih peduli dengan rasa malu yang datang dengan itu,"katanya.

 

Awalnya, aksi pungut Pengusaha yang sudah berusia 52 tahun itu menarik perhatian dari para penduduk sempat terhadap aksinya memungut sampah.

 

Mereka merasa heran mengapa seorang miliader mau membungkuk report-repot hanya untuk mengambil sampah berserakan di tepi jalan Chongqing, daerah tempatnya tinggal. 

 

Malah ada yang menganggap Zhong hanya membuat sensasi. Namun, ia tak peduli. "Aku tidak berpikir hal itu menjadi masalah dengan seberapa banyak uang yang kamu miliki. Tidak peduli apakah kamu kaya atau miskin. Kita harus selalu memberikan energi yang positif kepada masyarakat," ujar Zhong memungkasi.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id