Kabar Baik! Content Creator Bisa Melaporkan Video yang Diduplikasi

Fri Aug 24 2018 03:11:23 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Kabar Baik! Content Creator Bisa Melaporkan Video yang Diduplikasi

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Viral People, YouTube terus mengawasi jutaan video dan memastikan bahwa mereka tidak melanggar hak cipta atau standar komunitas. 

 

Dilansir dari laman Engadget, YouTube talah menghapus 8,3 juta video atas pelanggaran pedoman komunitas pada tahun 2017 lalu melalui sistem Content ID untuk menandai video hak cipta sejak 2013.

 

Sekarang layanan berbagi video milik Google ini meluncurkan alat Copyright Match baru yang dapat menandai video yang cocok dengan video asli dari content creator.

 

"Kami tahu betapa frustrasinya ketika konten Anda diunggah ke saluran lain tanpa izin Anda dan waktu yang diperlukan untuk mencari ulang upload ini secara manual. Saat ini kami menyediakan sejumlah cara bagi pemilik hak cipta untuk melindungi pekerjaan mereka," tulis Fabio Magagna, Product Manager for the Copyright Match Tool, yang dilansir melalui laman YouTube.

 

Menurut laman Variety, Copyright Match ini telah menjalani pengujian selama hampir satu tahun dan mengalami uji coba untuk channel untuk 100.000 subscribers.

 

Content creator yang memenuhi syarat akan melihat bagian Hak Cipta di navigasi kiri di YouTube Studio. Tab Kecocokan khusus akan menampilkan video serupa yang telah diidentifikasi oleh Copyright Match YouTube. 

 

Content Creator kemudian dapat mengirim pesan ke pembuat video yang mirip, meminta penghapusan atau hanya mengarsipkan video agar tidak mengambil tindakan apa pun. 

 

Namun, YouTube mengingatkan content creator bahwa karena mereka menemukan kecocokan bukan berarti itu otomatis pelanggaran hak cipta. 

 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id