Begini Lima Perbedaan Menonton Video di YouTube dan IGTV

Tue Aug 21 2018 04:03:56 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Begini Lima Perbedaan Menonton Video di YouTube dan IGTV

Ilustrasi. (Foto: YouTube)

 

WebTVAsia.idViral People, kamu tentu paham kalau beberap bulan ini Instagram rajin merilis fitur-fitur anyar seperti, Emoji Slider, polling di Instagram Stories, fitur GIF dan IGTV. Nah, fitur Instagram IGTV ini layak dapat perhatian khusus.

 

Meski sekarang IGTV masih aplikasi tersendiri, nantinya Instagramer tetap bisa menonton video yang ada di IGTV.

 

Karena masih dalam pengembangan, saat ini video IGTV belum dilengkap dengan filter, doodles, maupun gif, tersedia opsi ini. Juga, video yang akan diupload pun harus yang telah ada di galery smartphonemu.

 

Artinya, Instagramer tak dapat mengupload video yang sedang direkam dengan kamera melalui aplikasi ini.

 

Menurut beberapa pengamat teknologi media sosial, kehadiran IGTV ini membuat YouTube membuat berabagai perubahan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut perbedaan menonton video di IGTV dan YouTube: 

 

1. Format Video 
 

 

Format video menjadi pembeda nyata. IGTV mengusung format vertikal dengan aspect ratio 9:16. Format ini dengan yang kamu gunakan pada Instagram Stories.

 

Di sisi lain, YouTube tidak membatasia asect ratio video yang diunggah. Meskipun YouTube sudah merilis tampilan video vertikal, namun sebagaian besar video yang ada berformat horizontal.

 

2. Durasi Video 
 

 

Dengan IGTV, kamu bisa lihat video dalam durasi lebih panjang hingga maksimal satu jam. Namun sebagai content creator, kamu tidak bisa mengunggah video dengan durasi sampai jam. 

 

Kamu baru biasa mengunggah video sepanjang 10 menit saja. Sedangkan video dengan durasi satu jam hanya bisa diunggah oleh content creator yang telah memiliki banyak pengikut. 

 

Nah, berbeda dengan YouTube menawarkan durasi video yang berbeda. Siapa pun bisa mengunggah video sepanjang 15 menit kapan pun. 

 

Bahkan untuk content creator yang diverifikasi, kamu bisa mengupload video dengan durasi 12 jam atau ukuran file video maksimal 128 GB.

 

3. Live Streaming
 

 

Karena masih dalam pengembangan, sampai saat ini IGTV belum bisa digunakan untuk live streaming. Namun, tak menutup kemungkinan Instagram bakal menghadirkan fitur siaran langsung ke IGTV layaknya Instagram Stories.

 

Sementara itu, YouTube sudah lama memiliki fitur live streaming. Fitur live streaming menjadi favorit content creator untuk menyiarkan content videonya di YouTube. Bahkan, banyak digunakan pabrikan ponsel sebagai sarana promosi saat peluncuran seri ponsel terbaru.

 

4. IGTV Masih Bebas Iklan
 

 

Sampai saat ini, kamu belum menjumpai iklan di IGTV. Berbeda dengan YouTube yang menyelipkan iklan dengan jaringan AdSense di video.

 

Namun, platform IGTV ini akan menjadi tempat content creator dan Instagram mendapatkan uang dari iklan. Jadi, perlahan namun pasti format iklan akan tampil di IGTV.

 

5. Integrated Platform 
 

 

Induk perusahaan Facebook memperhatikan betul hal ini. Secara khusus, IGTV dirancang menyatu dengan aplikasi berbagi foto Instagram dan Facebook. 

 

Bila kamu perhatikan, video yang diunggah ke IGTV otomatis masuk pada bagian highlights di bagian profil pengguna Instagram. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih untuk membuat video IGTV terlihat di halaman Facebook. 

 

Sementara itu YouTube tidak menyatu dengan media sosial lain yang dimiliki Google seperti Google Plus atau Blogger. 

 

Sebagai content creator, kamu  memang bisa membagikan video ke Google Plus dan Blogger. Namun, diperlukan embed content atau melalui link yang menuju video. Tetapi ini tidak berjalan secara otomatis, seperti yang terjadi di IGTV dan Facebook.

 

Nah, bagaimana menurut kamu?




Share Your Comments



Contact Us

Ola.id