Dari Penambang Minyak hingga Pengusaha Hotel, Enam Wanita Terkaya di Rusia

Sun Aug 19 2018 20:58:07 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Dari Penambang Minyak hingga Pengusaha Hotel, Enam Wanita Terkaya di Rusia

Ilustrasi. (Foto: cabroworld)

 

WebTVAsia.id - Lebih dari dua dasawarsa lalu, Uni Sovyet pecah. Rusia pun bertransformasi dari negara dengan sistem ekonomi sosialis menjadi kapitalis. Perdagangan bebas di Rusia membuat bermunculan orang kaya baru yang menguasai berbagai lini usaha.

 

Uniknya, banyak diantara miliader di Rusia adalalah wanita lho! Mereka rajin membangun usaha mulai dari kecil sampai menjadi perusahaan internasional.

 

Dilansir dari laman Russia Beyond, berikut enam wanita terkaya di Rusia pada 2018: 

 

6. Marina Sedykh, 58 tahun, miliki kekayaan US$ 350 juta

 

Di Rusia, terdapat lebih dari 200 perusahaan minyak kecil yang mencoba untuk tetap bertahan ditengah gempuran harga minyak dunia yang bergejolak. Meskipun dalam ketidakpastian, perusahaan kecil juga bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa bagi pemiliknya. 

 

Marina Sedykh telah menjadi direktur umum Perusahaan Minyak Irkutsk (INK) di Siberia sejak 2000 dan secara rutin masuk dalam daftar perempuan terkaya Rusia.

 

5. Tatyana Kuznetsova, 58 tahun, miliki kekayaan US$ 400 juta 
 

 

Perempuan ini meraih kekayaannya tanpa bantuan suami ataupun bisnis keluarga. Setelah lulus dari universitas, ia bekerja sebagai konsultan yuridis di sebuah firma hukum dan pada 2002 pindah ke Novatek milik Leonid Mikhelson, salah satu perusahaan gas terbesar Rusia. 

 

Sejak itu, karirnya melejit dan kini ia adalah Wakil CEO Novatek. Saat ini, perusahaan tersebut bernilai lebih dari 30 miliar dolar AS dan menurut Forbes, Kuznetsova memiliki saham sebesar 0,2 persen.

 

4. Olga Belyavtseva, 48 tahun, miliki kekayaan US$ 500 juta
 

 

Kisah Olga Belyavtseva bak cerita dalam sinetron, sekaligus mengajarkan ketekunan saat bekerja. Tepat setelah melahirkan anak pertamanya, kala itu ia berusia 21 tahun, Belyavtseva memperoleh pekerjaan sebagai pengemas barang di pabrik kaleng. 

 

Namun, hanya beberapa minggu kemudian sang perempuan muda naik ke posisi kepala ahli ekonomi pabrik. Pabrik bertransformasi menjadi Lebedyansky Concern dan pada 2008 PepsiCo membeli 75,5 persen saham perusahaan seharga US$  1,36 miliar. Belyaeva menerima US$ 330 juta.

 

Kini, bisnis utamanya adalah memproduksi makanan bayi, ia ikut memiliki merek Progress Company dan Frutonyanya). Ia juga memiliki Beelplast Company (pengemasan dan komponen), memiliki rumah di Moskow, serta koleksi mobil mewah.

 

3. Natalia Fileva, 54 tahun, miliki kekayaan US$ 600 juta
 

 

Natalia Fileva adalah pialang saham yang tangguh. Perempuan Rusia ini mengepalai Dewan Direksi S7 Group. S7 adalah perusahaan keluarga yang dimiliki Natalia dan suaminya Vladislav Filev sejak 1990-an. Kini, perusahaan tersebut menjadi salah satu kompetitor utama maskapai terbesar Rusia, Aeroflot. 

 

Untuk mencapai posisi ini, perusahaan tersebut membeli saham dari para karyawan, mencaplok maskapai-maskapai kecil, dan membeli sebuah kosmodrom apung. Natalia bertanggung jawab atas maskapai sementara suaminya fokus di sisi bisnis antariksa. Namun, saat ini Vladislav Filev 'depresi’, kata Natalia. Itu terjadi karena Elon Musk membeli Falcon Heavy.

 

2. Tatyana Bakalchuk, 42 tahun, miliki kekayaan US$ 600 juta
 

 

Pada 2004, Bakalchuk masih menggunakan transportasi umum di Moskow saat berangkat bekerja sebagai guru bahasa Inggris. 

 

Saat sedang cuti melahirkan, ia punya ide untuk menghasilkan uang dengan menjual kembali barang di katalog Otto dan Quelle melalui toko online. Semua modal awal usahanya dicurahkan untuk situs tersebut.

 

Bahkan, ia rela bolak-balik ke Jerman untuk membali berbagai barang fashion untuk dijualnya kembali. 

 

Kini, toko online Wildberries Internet yang merupakan milik Bakalchuk bersama suaminya, menjadi salah satu perusahaan yang berkembang paling cepat di Rusia. Pada 2017, perusahaan tersebut memperoleh penghasilan 1,1 miliar dolar AS. Perusahaan ini juga hadir di Belarus, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan.

 

1. Elena Baturina, 55 tahun, miliki kekayaan US$  1,2 miliar
 

 

Elena Baturina, menempati posisi puncak wanita terkaya di Rusia selama bertahun-tahun. Pemilik jaringan hotel di Austria, Irlandia, Republik Ceko, dan Rusia ini juga membangun taman baterai solar dan secara rutin berinvestasi dengan membeli properti di Eropa dan Amerika Serikat. 

 

Di Rusia, ia juga memiliki sebuah yayasan amal bernama BE OPEN, yang mendukung desainer Rusia.

 

Sebagian besar waktunya ia habiskan tinggal di London bersama dua putrinya. “Saya tidak merasa perempuan butuh preferensi apapun karena preferensi adalah untuk mereka yang lemah. Tapi kami perempuan tidaklah lemah,” ujarnya yang dilansir dari laman Forbes. 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id