Pengelola Taman di Perancis Pekerjakan Gagak Sebagai Petugas Kebersihan, Alasannya?

Tue Aug 14 2018 00:55:39 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Pengelola Taman di Perancis Pekerjakan Gagak Sebagai Petugas Kebersihan, Alasannya?

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Taman Puy du Fou, Les Epesses, Vendee, Prancis bagian barat memiliki pekerja kebersihan yang tak biasa. Alih-alih mempekerjakan manusia, pihak pengelola taman memilih mempekerjakan beberapa ekor gagak yang menjaga taman tetap bersih. Wah, kok bisa ya? 

 

"Maksud dari penugasan kepada burung-burung ini bukan hanya untuk menuntut masyarakat menjaga kebersihan. Tapi ingin menunjukkan bahwa alam dapat mengajarkan kita semua tentang arti menjaga lingkungan," ujar Nicolas de Villiers, Chief Officer Taman Puy du Fou yang dilansir dari laman BBC.

 

Jadi Nicolas de Villiers dan petugas lainnya melatih sekitar enam ekor burung gagak. Mereka ditugaskan bergantian dari pagi sampai sore untuk menjaga kebersihan taman dari sampah-sampah kecil. Seperti puntung rokok dan bungkus plastik makanan yang ditinggalkan oleh manusia.

 

Taman Puy du Fou menjadi tempat populer untuk bersantai didaerah Perancis bara. Setiap tahunnya, tak kurang dari dua juta pengunjung bersantai disini. Ini membuatnya jadi taman hiburan paling populer kedua di Prancis setelah Disneyland Paris, Prancis. 

 

Kehadiran manusia tentu meninggalkan sampah-sampah kecil yang susah terurai alam, seperti plastik pembungkus. Nah, setelah si burung memungut sampah dengan paruhnya. Ia akan menghampiri kotak sampah yang tersedia di taman itu. Apabila si gagak memasukan sampah, maka kotak yang telah didesain khusus ini akan mengeluarkan makanan sebagai hadiah. Unik, ya.

 

Nicolas de Villiers mengatakan, burung gagak ini jenis gagak Eurasia yang terkenal dengan kepandaiannya.

 

"Burung-burung itu bahkan senang berinteraksi dengan manusia. Mereka dapat membangun ikatan dengan manusia melalui permainan," kata Nicolas.

 

Para ilmuan pernah membuat percobaan dan menyimpulkan burung gagak ini memang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dibanding burung-burung lainnya.

 

Tak percaya? Coba lihat tayangan videonya ini:



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id