Ayo Mikir, Channel YouTube Inspiratif dan Edukatif yang Wajib Kamu Follow

Mon Aug 13 2018 02:16:27 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Ayo Mikir, Channel YouTube Inspiratif dan Edukatif yang Wajib Kamu Follow

Nicho Lintang, YouTube creator channel Ayo Mikir. (Foto: Istimewa) 

 

WebTVAsia.id - Viral People, kami tidak bermaksud mengajak kamu main tebak-tebakan. Ayo Mikir adalah channel di YouTube yang punya 56.765 subscribers. Sejak bergabung di YouTube pada 18 Mei 2016, mereka telah mengunggah 55 video yang ditonton lebih dari dua juta kali.

 

Dari penjelasan di laman channelnya, Ayo Mikir adalah sebuah suatu usaha yang menyajikan konten tayangan inspiratif dan edukatif untuk masyarakat Indonesia yang berbasis di platform YouTube. Sesuai dengan visi misi yang diusung, Ayo Mikir mengemas tayangan edukasi yang mengedepankan kualitas namun mudah dipahami.

 

Nah, biar kamu makin kenal sama mereka, yuk simak oboran bareng Ayo Mikir yang digawangi Nicho Lintang berikut ini:

 

Hai, boleh dong cerita-cerita ide awal bikin channel Ayo Mikir ini?

 

Sejak jaman SMA hingga masa kuliah, saya memang sudah suka banget bikin video. Hampir setiap kegiatan di kampus yang memerlukan dokumentasi atau pembuatan video, selalu melibatkan saya sebagai kreatornya.

 

Kemudian tahun 2012 kenal lah saya dengan YouTube, sempat tuh saya bikin channel Youtube dengan nama channelnnya dengan nama saya sendiri, Nicho Lintang. Channelnya bener-bener random tapi kemudian channelnya kena suspend tahun 2016, sempet berhenti tuh nge-YouTube karena males gara-gara kena suspend dan saat itu lagi fokus kuliah.

 

Saya kuliah di salah satu universitas di Semarang mengambil jurusan Psikologi, kan social banget tuh. Disitu saya mendapat berbagai permasalahan di Indonesia terutama dalam hal pendidikan (sudut pandang psikologi). Kemudian tergeraklah saya untuk bikin sesuatu yang berdampak besar dan ingatlah saya tentang YouTube.

 

Saat itu channel edukasi Kok Bisa juga lagi booming dan saya kepikiran kenapa ga bikin channel edukasi aja. Saya ga perlu susah-sudah nyari materi karena setiap hari saya menemukan banyak ilmu di kampus yang bisa saya bagikan.

 

Berbekal pengalaman selama empat tahun di YouTube, mulailah saya menyusun konsep, bikin setup seadanya, nabung buat beli kamera 900 ribu-an dan mikirin nama channel.

 

Simpelnya karena saya kebanyakan mikir ya udah channelnya saya namain Ayo Mikir aja, haha .. dan jadilah video pertama.

 

Saat itu konsep awal video Ayo Mikir adalah saya yang berbicara langsung di depan kamera namun karena saat itu saya kurang pintar ngomong dan wajah saya tidak menjual maka saya memutuskan untuk menggunakan konsep lain.

 

Saya mikir lagi nih, saya engga bisa ngomong dan saya juga engga bisa animasi lalu gimana caranya saya bisa menyampaikan suatu ilmu dengan ilustrasi yang jelas?

 

Suatu hari saya browsing channel2 edukasi internasional, ketemulah saya dengan channel ASAPSCIENCE dan MinutePhysic dimana mereka menggunakan konsep gambar tangan dengan narator sebagai media penyampaian materi.

 

Nahhh kepikiranlah saya untuk menggunakan konsep ini dan akhirnya jadi video pertama “Apa itu Alam Semesta?” walaupun gambarnya masih jelek banget.

 

Kalau boleh tahu, siapa saja yang mengelola channel Ayo Mikir?

 

Dulu waktu awal-awal, Ayo Mikir dikelola oleh dua orang dengan saya sebagai pemain utama dan satunya sebagai penasihat dan pengatur keuangan. Seiring berjalannya waktu, kita sering ganti-ganti anggota karena banyak hal namun hingga saat ini Ayo Mikir dikelola oleh tiga orang  utama dan lebih dari 70 orang yang menjadi volunteer untuk berbagi ilmu dari seluruh Indonesia.

 

Video-video unik dari Ayo Mikir,  berapa lama pengerjaannya? Apa video yang 'paling menantang' saat pengerjaan?

 

Dalam pengerjaan video Ayo Mikir, proses yang paling membutuhkan waktu paling banyak adalah mengubah materi yang rumit menjadi mudah dipahami, mulai dari pemilihan materi yang memungkinkan dijelaskan dengan lebih mudah hingga pembuatan ilustrasi gambar atau mengubar teks ke dalam bentuk gambar.

 

Untuk semua proses itu minimal membutuhkan waktu tiga hari paling cepat. Bahkan bisa lebih dari dua minggu, tergantung dari tingkat kesulitan materi dan data yang dibutuhkan.

 

Video tersulit saat ini memang video tentang mesin waktu karena untuk memahami dan menjelaskan ulang dengan dengan lebih sederhana konsep mengenai waktu dan relativitas sangatlah rumit.

 

Salah satu video paling populer Ayo Mikir adalah 'Apakah Mesin Waktu Dapat Diciptakan?' yang membahas grandfather paradox. Dari mana ide menyederhanakan paradox keren ini? Siapa yang mencari dan menganalisis teori-teori fisika yang dibahas di video ini?

 

Waktu kita itu dibantu sama banyak pihak karena kita sempet tanya-tanya di grup astronomi Indonesia, melihat video lain di YouTube maupun tanya pada orang yang ahli di bidang fisika.  

 

Nah, setelah paham dan mendapat data yang kita butuhkan, kita tulis ulang materi tersebut melalui sudut pandang orang awam mengenai teori fisika.

 

Jadi, intinya yang mencari dan menganalisis teori-teori tersebut tu banyak orang namun setelah diskusi panjang dengan orang-orang itu, dirangkum biar lebih compact oleh kreator Ayo Mikir, mas Nicho Lintang …ha ha ha.

 

Karena tetep dialah yang harus mengubah teori menjadi sebuah gambar yang memiliki alur cerita.

 

Banyak video yang bahas tentang fisika dan science, apa ada rencana bahas video tentang masalah sosial atau social experience?

 

Ada dong. Rencananya Ayo Mikir memang akan ekspansi konten nih dimana nanti akan ada wajah hostnya tersendiri yang membahas suatu materi yang tidak bisa digambarkan melalui media gambar misalnya tentang psikologi.

 

Selain kemarin juga menjadi bagian Youtube Creator for Change dimana kita diajak untuk membahas dan bikin konten bareng mengenai permasalahan sosial yang ada di Indonesia.

 

Boleh dong, kasih bocoran sedikit video terbaru yang lagi dibuat? Kapan rencana publishnya?

 

Kita berencana bikin konten spesial untuk Asian Games, dimana kita akan membahas materi yang dekat dengan olahraga, misalnya “Apa yang terjadi jika kita terlalu banyak minum setelah olahraga?” dan jika tidak ada halangan, kita akan membuat video setiap hari selama Asian Games berlangsung. Doakan lancar yaaa …

 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id