Ditonton 53 Juta Kali, Begini Video Pertama di YouTube

Wed Aug 08 2018 23:41:44 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Ditonton 53 Juta Kali, Begini Video Pertama di YouTube

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Viral People, lebih dari lima miliar video diupload di YouTube. Kalau waktu kamu banyak luang, diperkirakan butuh waktu hingga 46.000 tahun untuk menonton semua video itu. Lembaga analis data DMR juga memperkirakan, rata-rata orang menghabiskan waktu 40 menit di laman YouTube mobile. 

 

Nah, dari miliaran video tahukah kamu apa video pertama yang diupload content creator di YouTube?

 

Dari siaran persnya, YouTube menjelaskan video pertama diuplad pada 23 April 2005 lalu. Adalah Jawed Karim, salah satu pendiri YouTube, mengunggah video pertamanya. Video pendek berdurasi 18 detik berjudul 'Me at the Zoo' diupload melalui akun miliknya yang bernama jawed.

 

"Baiklah, jadi di sini kita berada di depan gajah. Kata orang-orang, hal keren tentang gajah adalah benar-benar memiliki hidung  yang sangat panjang. Dan itu, keren. Cukup banyak yang bisa dikatakan," kata Jawed Karim. 

 

Agaknya, ini kali pertama ia melihat gajah dan berniat mengabadikan pengalaman yang menurutnya mengagumkan. 

 

Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah diputar tayang lebih dari 53 juta kali dan mendapat 1,2 juta like. Diperkirakan, dari tayangan iklannya, Jawad dapat mengantongi uang hingga US$ 4.500 atau sekitar Rp 64.989.000 per bulan. Hmm,.. cukup besar yah dengan video 18 detik.

 

YouTube sendiri dirintis oleh Jawed Karim, Chad Hurley dan Steve Chen. Berawal dari kantor kecil diatas restoran pizza, popularitas perlahan YouTube yang mulai melejit hingga akhirnya diakuisisi Google pada Oktober 2006 senilai US$ 1,65 miliar .

 

Dihitung-hitung, Google mendapat keuntungan besar dari akuisisi ini. Lembaga keuangan terkemuka Morgan Stanley menaksir, kini YouTube bernilai US$160 miliar atau seratus kali lipat dari pembelian pertama Google.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id