YouTube Rilis Tampilan Video Vertikal, Untuk Saingi IGTV?

Wed Aug 01 2018 01:41:31 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
YouTube Rilis Tampilan Video Vertikal, Untuk Saingi IGTV?

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Setelah sebelumnya dianggap kalah dari Instagram dalam merespons berbagai content video vertikal, kini YouTube menampilkan format tampilan video vertikal melalui browser desktop.

 

"Pembaruan ini dibuat agar tampilan video dalam format vertikal maupun persegi bisa lebih nyaman dilihat oleh pengguna di browser komputer, tanpa harus mengurangi ukuran video tersebut," kata Marissa, Community Manager YouTube, yang dilansir dari laman Android Police.

 

"Untuk video layar lebar (bukan 16:9) seperti video vertikal dan persegi, kami biasanya menampilkan bilah hitam di samping video dan membuat video menjadi sangat kecil. Pembaruan ini menghilangkan bilah hitam tersebut. Kami meluncurkan pembaruan ini di perangkat seluler beberapa saat lalu (baik Android dan iOS) sehingga perubahan ini membuat pengalaman menonton yang sama baik di desktop dan mobile," lanjutnya.

 

Ia melanjutkan, dengan pembaruan ini pengguna juga bisa memanfaatkan ruang kosong tambahan untuk memperbesar ukuran video, sehingga pengguna dapat mendapat ukuran yang pas sesuai dengan keinginan.

 

Viral People, format video vertikal memang diprediksi menjadi trend baru untuk konten video. Setelah selama ini creator dan netizen biasa menggunakan format horizontal atau mendatar.

 

"Kebanyakan orang terbiasa melihat secara horizontal, jadi Anda harus mengarahkan mata mereka dengan cara lain. Hal ini jelas memunculkan sederet tantangan baru dan beragam cara pandang. Akan tetapi dengan kehadiran smartphone, format vertikal menjadi sangat masuk akal," kata Kris Merc, Ilustrator dan Animator, seperti dikutip dari laman resmi Instagram. 

 

Dengan tampilan video vertikal ini, genderang perang YouTube dan Instagram semakin keras. Namun, Instagram selangkah lebih dulu dalam menerapkan content video berformat vertikal melalui IGTV. 

 

Sayangnya lagi, pembaruan YouTube untuk tampilan video vertikal baru bisa dinikmati di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Belum diketahui kapan pembaruan ini bakal dapat dinikmati pengguna YouTube di Indonesia.

 

Kita tunggu, bagaimana pengalaman menikmati dan membuat berbagai content video dengan format vertikal. 



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id