Tiga Tipe Content Creator Influencer Ini, Kamu yang Mana?

Tue Jul 31 2018 02:34:21 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Tiga Tipe Content Creator Influencer Ini, Kamu yang Mana?

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.idDunia pemasaran telah berubah. Media sosial menggeser peran media mainstream sebagai rujukan untuk memutuskan tindakan. 

 

Instagram misalnya, saat ini sukses merebut hari generasi millenial. Beberapa waktu lalu, Instagram resmi mengumumkan bahwa mereka sudah mengantongi satu miliar pengguna dari seluruh dunia. 

 

Dari data internal Instagam yang WebTVAsia.id terima, terdapat lebih dari 500 juta akun Instagram di seluruh dunia yang aktif setiap hari. 

 

Menjadi peluang untuk kamu, para content creator menjadi influencer yang mempengaruhi dunia. Dilansir dari laman Creator AI, kami mengulas tiga tipe influencer untuk kamu, sebagai berikut:

 

The Celebrity

 

Selebgram selebriti adalah sosok terkenal dengan follower besar di media sosial. Mereka bisa aktor, seniman, atlet dan tokoh TV, atau sosok biasa namun memiliki follower yang masif.

 

Meskipun mereka sangat populer dan memiliki jangkauan luas, mereka tidak memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi, karena mereka tidak benar-benar terhubung dengan follower mereka. 

 

Mereka hanya terkenal karena apa yang mereka lakukan dan bukan karena sesuatu yang mereka ketahui, yang tidak benar-benar membantu banyak merek mempromosikan konten mereka.

 

Pengaruh selebriti sangat bagus untuk meningkatkan kesadaran merek, tetapi sangat sedikit dari mereka dapat memengaruhi keputusan pembelian orang. 

 

Meskipun demikian, jika pelaku bisnis ingin menjangkau publik yang luas maka tipe ini yang akan diajak bekerjasama.

 

The Trendsetter
 

 

The trendsetter influencer selalu mencari tren baru. Mereka adalah yang pertama mencoba produk kecantikan baru, menjelajahi platform sosial baru atau menggunakan teknologi baru. 

 

Mereka memperkenalkan tren fesyen baru dan menemukan sesuatu yang baru yang mungkin menarik minat banyak orang, terutama follower mereka.

 

Tipe trendsetters terlibat dalam bidang fashion, kecantikan, teknologi, dan hiburan. Mereka kebanyakan mempengaruhi remaja dan orang dewasa muda, karena dua tipe ini adalah pelaku utama tren baru di bidang ini.

 

The Expert
 

 

The Expert adalah ahli  di bidangnya, apakah itu bisnis, pemasaran, keuangan, teknologi, game, kecantikan, fashion, makanan, atau travelling tempat-tempat baru. 

 

Melihat pengetahuan dan keahlian mereka, dan fakta bahwa mereka mewakili otoritas di bidang mereka, follower mereka mempercayai dan mengandalkan pendapat mereka mengenai produk atau layanan yang direkomendasikan.

 

The Expert memiliki kekuatan yang besar karena kepercayaan dan kemampuan mereka untuk membentuk koneksi yang kuat dengan orang-orang, berbagi pengalaman pribadi dan pengetahuan ahli mereka. 

 

Pelaku bisnis yang bekerja sama dengan influencer tipe the expert dapat dengan mudah menjangkau audiens yang spesifik dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan, secara signifikan meningkatkan penjualan dan return of investment mereka.

 

Tak hanya tiga tipe itu, Viral People. Kami akan mengulas yang lainnya untuk kamu di artikel berikutnya.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id