Tak Perlu Bingung, Begini Cara Menghasilkan Uang dari Video YouTube

Fri Jul 27 2018 02:17:43 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Tak Perlu Bingung, Begini Cara Menghasilkan Uang dari Video YouTube

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id -Menjadi Youtuber atau blogger menjadi salah satu cita-cita kids zaman now. Tidak ada yang salah dengan cita-cita mereka. 

 

Profesi youtuber, vlogger atau blogger muncul di generasi millenial yang lekat dengan gawai dan Internet. Termasuk juga kamu. 

 

Mari kita menilik stand up comedian sekaligus aktor dan sutradara Raditya Dika. Untuk konten video, Radiya Dika menggunakan YouTube yang hingga kini diikuti lebih dari empat pelanggan. 

 

Dilansir dari Social Blade, estimasi penghasilan Raditya Dika per tahun sekitar US$ 46 ribu hingga US$ 739 ribu atau Rp 623 juta sampai Rp 10 miliar.

 

Lalu, bagaimana sih cara menghasilkan uang dari video original kamu di YouTube? Berikut empat langkah yang WebTVAsia.id himpun dari berbagai sumber: 

 

1. Menyiapkan Channel

 

Kamu harus memiliki akun Google. Mudah kok membuatnya, jangan lupa siapkan nomer handphone aktif sebagai verifikasi ya.

 

Setelah memiliki akun Google, login ke YouTube dan mulai persiapkan channel kamu. Setelahnya, unggah video terkeren kamu disana. Setelah semuanya selesai, kamu berkesempatan menjadi YouTube Partner Program (YPP) untuk kanal-kanal berisi video yang menyelipkan iklan. 

 

Nah, agar  bisa mendapatkan pendapatan dari iklan, sebuah video kini harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber.

 

2. Mendaftar ke AdSense

 

Jangan lupa yah, untuk mengatur akun AdSense kamu. Buat akun AdSense baru atau hubungkan akun yang ada ke channel tadi. 

 

Kamu memerlukan akun AdSense agar dapat menghasilkan uang dari video dan menerima pembayaran. 

 

3. Menentukan Preferensi Monetisasi

 

Tentukan jenis iklan yang ingin kamu jalankan di video, dan aktifkan monetisasi secara otomatis di semua video yang ada dan yang akan datang. 

 

Konfirmasi keinginan Anda untuk memonetisasi semua video yang ada dan yang akan datang. Centang kotak di bagian Format iklan untuk memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan.

 

Tenang, kamu masih dapat mengubah setelan ini kapan saja.

 

4. Tahap Peninjauan

 

Setelah channel yang sudah dibuat mencapai ambang batas program, maka YouTube akan meninjau  untuk memastikan bahwa aktivitas channel tersebut mematuhi kebijakan Program Partner YouTube.

 

Jika jumlah penayangan belum cukup untuk mendapatkan peninjauan, teruslah membuat konten orisinal dan meningkatkan jumlah penonton.

 

Tidak susah, kan? Bagaimana pengalaman kamu menjadi YouTube Partner, Viral People? Jangan malu-malu, tulis di kolom komentar dibawah ini ya.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id