Hashtag, Hal Penting yang Kadang Dilupakan Content Creator

Fri Jul 27 2018 01:27:49 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Hashtag, Hal Penting yang Kadang Dilupakan Content Creator

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.idOke Viral People, kamu sudah siap dengan foto kece dari pose gokil kamu. Caption keren pun sudah disiapkan, terus tunggu apalagi dong sebelum diupload? 

 

Sepertinya, kamu lupa memasukkan hastag di list Instagram. Terdengar sepele, namun hashtag (dengan tanda "#") ini menjadi penting untuk content creator. 

 

Pada dasarnya, hashtag di Instagram adalah cara mengkategorikan pos untuk menemukan konten baru dan meningkatkan jangkauan. Berbagai konten di Instagram diatur menggunakan tanda pagar diikuti dengan kata kunci yang membuat tautan ke koleksi foto, video, dan cerita lainnya yang diberi tag dengan kata yang sama.

 

Terdengar ruwet yah. Gini, misalnya, kamu ingin menemukan kiriman yang relevan dengan topik ‘travel’, kamu dapat mencari hashtag Instagram menggunakan kata kunci itu dan melihat berapa banyak kiriman di aplikasi yang memuat tulisan. 

 

Contohnya lagi, jika kamu memilih hashtag #travelphotography,maka  Instagram akan menarik semua pos publik pada aplikasi menggunakan hashtag itu, membaginya menjadi 'Top' dan 'Recent'. Mudah bukan?

 

Lalu dimana hastag dapat digunakan? Sederhananya, hashtag dapat digunakan di captions, comments, bios and Instagram Stories.

 

Namun ingat, Instagram membatasi pengguna untuk menggunakan 30 hashtag per posting. Angka ini dihitung di seluruh keterangan dan komentar. 

 

Jika kamu mencoba memposting 20 hashtag dalam caption dan 20 lainnya dalam komentar pertama, komentar itu tidak akan dikirim.

 

Dalam Stories, batas hashtag adalah 10 per cerita. Jadi, pintar-pintarlah memilih hashtag yang tepat untuk content kamu.

 

Lalu, bagaimana dong memilih hastag yang tepat? 

 

Hashtag menjangkau semua industri dan topik, dan ini artinya ada jutaan content untuk dipilih dan bersaing. 

 

Jadi bagaimana kamu tahu hashtag mana yang harus digunakan? 

 

Pertama, adalah riset. Kamu harus melakukan penelitiansederhana tentang situasi terkini dan berbagai pilihan hashtagnya. 

 

Menggunakan aplikasi Instagram itu sendiri dapat mengumpulkan banyak data di sekitar hashtag populer di niche content kamu. Karena Instagram akan selalu menawarkan hashtag 'disarankan' dan 'terkait' saat menelusurinya.

 

Kedua, temukan audiance yang ingin Anda jangkau di Instagram dan lihat apa hashtag yang sering mereka gunakan. Pikirkan minat mereka yang lebih luas, gaya hidup dan hashtag seputar topik tersebut.

 

Ketiga, ingat kompetitor kamu mengguanakan audiens yang sama. Temukan kompetitor yang mahir di marketing Instagram dan catat apa hashtag yang mereka gunakan.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id