Hai Instagram Creators, Begini Tips Kreatif untuk Format Video Vertikal

Tue Jul 24 2018 17:32:23 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Hai Instagram Creators, Begini Tips Kreatif untuk Format Video Vertikal

Video vertikal diprediksi menjadi trend di media sosial. (Foto: Instagram Bussiness)

 

WebTVAsia.id - Kabar bagus untuk kamu para creator,  Instagram resmi mengumumkan bahwa mereka sudah mengantongi satu miliar pengguna dari seluruh dunia. Artinya, makin banyak netizen yang yang mengapresiasi karya-karya Viral People.

 

Ngomong-ngomong Viral People, angka satu miliar pengguna ini terbilang sangat besar lho. Dari catatan WebTVAsia, pada September 2017 lalu Instagram memiliki 800 juta pengguna. Artinya, dari selama selama 10 bulan terakhir ini, ada 200 juta pengguna baru di Instagram. Horeee!

 

Mungkin, bertambahnya pengguna baru ini disebabkan diluncurkannya beberapa fitur belakangan ini, seperti kehadiran fitur GIF, Emoji Slider, polling di Instagram Stories, juga IGTV.

 

Khusus untuk Instagram IGTV, ini jadi fitu baru dimana pengguna dapat menyaksikan video dalam durasi lebih panjang hingga satu jam. Berbeda dengan Youtube yang menawarkan video dengan format horizontal, IGTV akan menyajikan video berformat vertikal.

 

Video dengan format vertikal diprediksi menjadi trend baru untuk konten video. Setelah selama ini creator dan netizen biasa menggunakan format horizontal atau mendatar.

 

"Kebanyakan orang terbiasa melihat secara horizontal, jadi Anda harus mengarahkan mata mereka dengan cara lain. Hal ini jelas memunculkan sederet tantangan baru dan beragam cara pandang. Akan tetapi dengan kehadiran smartphone, format vertikal menjadi sangat masuk akal," kata Kris Merc, Ilustrator dan Animator, seperti dikutip dari laman resmi Instagram. 

 

Nah, Viral People sudah siap berkreasi dengan format video vertikal? Berikut tips-tips membuat video vertikal dari Instagram:

 

1. Perkaya Video Lewat Animasi

 

Menggunakan 2D, 3D, stop motion, atau motion graphic untuk mewujudkan ide Anda akan terus menjadi cara efektif memikat pemirsa yang berinteraksi dengan konten di Instagram. Dan dengan video vertikal, kini Anda bisa melakukannya dengan cara yang terasa baru sekaligus natural bagi mereka yang berinteraksi dengannya.

 

2. Arahkan Mata Pemirsa 

 

Melalui format vertikal, pemirsa bebas menyelami konten dengan cara yang baru sehingga membuka peluang bagi creator untuk mengarahkan mata pemirsanya ke bawah dan ke atas, bukan ke kiri dan ke kanan seperti halnya pada video lanskap. Dengan format vertikal, tidak ada lagi batasan tegas pada tampilan konten karena konten terus mengalir.

 

3. Coba Beragam Jenis dan Desain Video

 

Pikat pemirsa Anda menggunakan kombinasi beberapa jenis dan desain video saat membuat video vertikal. Baik Anda menggabungkan beberapa jenis video agar menghibur dan menarik atau menggunakan overlay untuk menambah tekstur dan kedalaman konten, video vertikal memberi Anda peluang tanpa batas dalam pembuatan konten di Instagram.

 

4. Bagi Dua Konten Video Kamu

 

Untuk menampilkan produk dari beragam sudut,membagi video menjadi dua bagian untuk menceritakan dua cerita yang berbeda secara bersamaan tetapi tetap berkaitan adalah langkah bagus. 

 

Video vertikal adalah cara yang efektif untuk membuat konten dengan cara yang baru dan memikat. Dengan membagi ruangnya, Anda bisa menyajikan perspektif baru yang mengundang pemirsa Anda untuk berinteraksi sekaligus mengarahkan perhatiannya ke bagian terpenting video kamu.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id