Dari Rendang Sampai Kimchi, Lima Makanan yang Jadi Rebutan Dua Negara

Tue Jul 24 2018 17:23:36 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Dari Rendang Sampai Kimchi, Lima Makanan yang Jadi Rebutan Dua Negara

Kimchi, makanan satu ini jadi rebutan Korea Selatan dan Jepang (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.idTak hanya enak, makan dapat menjadi identitas suatu daerah bahkan negara. Coba Viral People sebut makanan gudheg, pasti yang terlintas di ingatan kota Yogyakarta. Masih kurang? Dites lagi dengan makanan pempek. Kota mana yang terlintas di pikiran kalau bukan Palembang? 

 

Nah, tak hanya menjadi simbol daerah makanan juga menjadi identias budaya suatu negara. Saking terkenalnya, ada makanan yang sampai menjadi perdebatan netizen dua negara. 

 

WebTVAsia merangkum dari berbagai sumber, sederet makanan yang menjadi rebutan dua negara: 

 

1. Rendang

 

Kelezatan rendang tak dapat disangkal. Tak salah bila CNN menempatkan makanan satu ini menjadi yang terlezat di dunia.

 

Rendang dipercaya diolah kali pertama di Padang, Sumatera Barat. Budaya Minangkabau bahkan memiliki penjelasan filosofi tentang  bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini. Dahulu kala, rendang juga menjadi bekal untuk berhaji karena tahan lama. 

 

Namun, rendang juga diklaim sebagai salah satu kuliner nasional oleh negara jiran, Malaysia. Netizen kedua negara pun sempat berdebat tentang asal-usul rendang.

 

2. Yusheng  

 

Makanan berbahan dasar irisan ikan mentah, sayur, dan kacang ini jamak ditemui saat perayaan tahun baru Imlek. Konon, perantau dari daerah Kanton, Tiongkok yang memperkenalkan yuseng di semenanjung Malaka.

 

Saking populernya yuseng, Malaysia mengklaimnya sebagai yee sang, sementara Singapura bersikukuh menjadikan yuseng sebagai simbol kuliner nasional.

 

Klaim kedua negara terhadap yuseng sempat dibawa ke ranah internasional. Pasalnya,  pemerintah Malaysia menetapkan yeesang sebagai kuliner nasional pada tahun 2009. Namun, seorang profesor dari Singapura menolaknya dan mengajak warga Singapura untuk mendesak UNESCO agar memasukkan yusheng sebagai warisan budaya dari Singapura.

 

3. Pavlova 

 

Kudapan Pavlova lazimnya ditemui sebagai pencuci mulut. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, membuatnya populer di Australia dan Selandia Baru. 

 

Awalnya, kamus bahasa di Selandia Baru menyebut pavlova sebagai 'hidangan penutup populer Australia'. Namun, perdana menteri Selandia Baru, John Key, menyebut penjelasan itu sebagai hal konyol.

 

Pendapat John Key diperkuat oleh keterangan Profesor Helen Leach, dari University of Otago. Guru besar food antropology ini menyebut setidaknya ada 21 resep pavlova di buku-buku masakan Selandia Baru pada tahun 1940, beberapa tahun sebelum Australia mengenal kudapan manis Pavlova.

 

4. Hamburger

 

Masyarakat Amerika Serikat sangat mencintai makanan hamburger. Daging giling panggang yang diisikan dalam setangkup roti menjadi simbol kelezatan kuliner Amerika Serikat. Tak heran bila waralaba cepat saji burger menyebar ke seantero dunia dengan berlabel Amerika.

 

Namun, Jerman juga mengklaim hamburger sebagai makanan khas mereka selain sosis dan bir. Sejarawan Otto Kuase menyebut kota Hamburg sebagai tempat asal muasal hamburger panggang bermula. Dari sana, hamburger diperkenalkan imigran Jerman sebagai makanan cepat saji saat pasar malam.

 

5. Kimchi

 

Asinan berbahan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas ini sempat membuat hubungan Korea Selatan dan Jepang panas dingin, lho Viral People. Bermula saat tim Olimpiade Jepang resmi memasukkan kimchi sebagai makan tradisonal yang mereka bawa untuk atlet yang akan berlaga di Atlanta tahun 1996. 

 

Korea Selatan yang mengetahui klaim itu, mengajukan nota keberatan kepada badan kesehatan dunia WHO dan komisi Codex Alimentarius FAO. Tapi, pemerintah Jepang membalas dengan menyebut Korea Selatan tidak berhak untuk memonopoli kimchi karena penduduk lokal Jepang telah lama mengolah sayuran mentah dengan cara yang sama.

 

Tak mau kalah, Korea Selatan mengenjot promosi budaya untuk mempopulerkan mempopulerkan kimchi sebagai kuliner orisinal dari negara ginseng. Salah satu promosinya, dengan mengirim kimchi ke luar angkasa sebagai makanan astronot yang mengorbit ribuan mil dari bumi. Wah!

 

Nah, itulah lima makan yang menjadi rebutan dua negara. Jika Viral People punya info lainnya yang belum kesebut, tulis dikolom bawah ini yah. Kita akan ulas untuk kamu.


Share Your Comments



Contact Us

Ola.id