Bikin Gemas, Ancaman Kuman dan Penyakit dari Bebek Karet Kuning

Tue Jul 24 2018 19:27:42 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Bikin Gemas, Ancaman Kuman dan Penyakit dari Bebek Karet Kuning

Ilustrasi bebek karet. (Foto: Pixabay)

 

WebTVAsia.id - Viral People, apakah kamu punya mainan bebek karet berwarna kuning? Ternyata, mainan satu ini masih menjadi trend bagi content creator. 

 

Coba deh, ketik di kolom pencarian Youtube, ada lebih dari satu juta video tentang si bebek karet kuning ini. 

 

Dan lagi, bebek karet yang dominan berwarna kuning ini populer dan berada di bak mandi berbagai belahan dunia. 

 

Sekilas, si bebek karet ini terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, siapa kira boneka bebek berbahan karet ini merupakan sumber kuman dan penyakit. 

 

Dalam laporan peneliti dari  Amerika Serikat dan Swiss, yang dinukil dari laman AFP, ditemukan sejumlah bakteri dan jamur tumbuh yang tumbuh di  bagian dalam mainan atau badan bebek karet ini. 

 

Celakanya, bakteri dan kuman-kuman ini keluar dan tersebar kemana-mana saat bebek karet nan menggemaskan itu diremas anak-anak yang mandi di bak mandi. 

 

Tak hanya pada bebek karet kuning, sejumlah peneliti Institut Sains dan Teknologi Perairan EAWAG di Swiss, Sekolah Politeknik Federal Swiss, dan Universitas Illinois, Amerika Serikat, melaporakan telah menemukan jamur terdeteksi di hampir 60 persen mainan dalam bak mandi. 

 

Tak main-main, sejumlah bakteri patogen itu teridentifikasi pada 80 persen dari semua mainan yang diteliti, termasuk bakteri Legionella dan Pseudomonas aeruginosa yang menjadi penyebab infeksi di rumah sakit. 

 

Dalam laporannya, para peneliti memaparkan penyebab utama tumbuhnya kuman itu adalah air hangat yang terkumpul di dalam mainan bebek yang umumnya terbuat dari polimer berkualitas rendah.

 

Polimer bahan pembuat mainan inilah yang melepaskan senyawa karbon organik sebagai nutrisi koloni bakteri. 

 

Pada situasi hangat inilah, bakteri dan jamur dimungkinkan berkembang biak dengan baik dan akan keluar saat bebek karet diremas hingga cairan keluar dan mengenai wajah. 

 

Jadi, jaga si bebek kuning kering dan tak menjadi sarang kuman. Kwek, kwek!



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id