Berbagi Cerita dengan Nadia Silvarani, Penulis Novel Ada Apa Dengan Cinta

Tue Jul 24 2018 23:09:10 GMT+0700 (WIB), by Tommy Utomo
Berbagi Cerita dengan Nadia Silvarani, Penulis Novel Ada Apa Dengan Cinta

Nadia Silvarani Lubis. (Foto: Instagram/@nadiasilvarani)

 

WebTVAsia.id - Viral People, ditengah serbuan novel-novel asing yang datang kemari, muncul penulis-penulis muda Indonesia berbakat dengan karya-karya mereka. Tak hanya menulis, mereka juga hadir menjadi inspirasi untuk anak-anak muda yang ingin menelurkan karya besarnya dalam sebuah novel.

 

Nadia Silvarani Lubis salah satunya. Sejak novel fiksi sejarah pertamanya 'Stories from The Past' terbit tahun 2013, Nadia Silvarani terus konsisten menerbitkan buku.

 

Kepada WebTVAsia.id, Nadia Silvarani berbagai cerita tentang inspirasi dan motivasinya untuk terus menulis. Yuk, simak obrolan interview WebTVAsia.id dengan Nadia Silvarani Lubis berikut ini:

 

Siapa saja sih yang memotivasi kak Rani untuk tetap menulis?

 

Pertama-tama diri kita sendiri, kalau diri kita tak termotivasi pastinya kita tidak menyelesaikan tulisan. Yang kedua pembaca, mereka jadi semangat saya terus-terusan menghasilkan karya.

 

Juga keluarga dan teman-taman yang selalu support. Mereka kalau habis baca karya saya terus cerita, sharing segala macam.

 

Karena tulisan-tulisan, saya juga jadi dapat teman-teman baru. Karena yang baca tulisan-tulisan saya tidak semua kenal secara nyata.

 

Yah, senang banget pokoknya.

 

Penulis-penulis pemula, sering menjumpai kendala buat menyelesaikan buku pertama mereka. Boleh dong, berbagi pengalaman kepada kami, gimana dulu kelarin buku pertamanya?

 

Buku pertama saya berkali-kali ditolak, genrenya remaja, teen lite gitu. Berkali-kali ditolak berbagai penerbit, mau nangis gitu.

 

Saya lupa, ternyata pernah memasukkan naskah ke penerbit besar yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

 

Jadi dapat 'ide gila' kenapa kalau ditolak penerbit kecil, nggak sekalian aja masuk ke penebit besar.

 

Ternyata, saat lagi kerja mendapat telepon ternyata diterima naskahnya untuk terbit jadi buku.

 

Awalnya memang kendala untuk buku pertama. Pertama masukin naskah 2007, 2008 ditolak, 2019 ditolak terus terus begitu sampai tahun 2012 atau 2013 baru diterima oleh penerbit.

 

Tak berhenti sampai sini, Silvarani Lubis berbagai cerita untuk Viral People tentang motivasinya terus menulis.



Share Your Comments



Contact Us

Ola.id